Ketik disini

Metropolis

Bebaskan Lahan, Siapkan Rp 50 M

Bagikan

MATARAM – Pemkot Mataram Mataram menyiapkan anggaran Rp 50 miliar di tahun ini untuk pembebasan sejumlah lahan. ”Banyak yang akan kita kerjakan tahun ini di atas tanah tersebut,” kata Asisten II Bidang Pemerintahan HL Martawang.

Dana itu misalnya digunakan untuk pembebasan lahan di Jalan Arya Banjar Getas. Rencananya di lakukan pelebaran di jalan tersebut sepanjang 400 meter. ”Rumah warga yang terdampak di sisi kiri dan kanan jalan akan dibebaskan menggunakan uang itu,” ujarnya.

Nominal pembebasan lahan itu hingga kini belum ditentukan. Semua mengacu pada hitung-hitungan tim apraisal independen yang nantinya ditunjuk. Namun gambaran kasarnya dana Rp 50 miliar itu masih tersisa cukup banyak.

Pembebasan lahan lainnya yang kemungkinan dilakukan tahun ini adalah lahan pemukiman penduduk di Bintaro. Sekitar 200 rumah nelayan di sana bakal direlokasi, karena berada sangat dekat dengan bibir pantai. Di Bintaro Jaya contohnya, sedikitnya ada 75 rumah yang selalu terendam setiap kali hujan mengguyur dan banjir rob terjadi.

”Memang paling bagus mereka direlokasi,” kata Kadis PU dan Tata Ruang Mahmuddin Tura.

Hal itu sebelumnya juga sudah diungkapkan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh. Menurut Ahyar, relokasi mendesak dilakukan untuk kebaikan masyarakat itu sendiri. ”Saya mau berikan yang terbaik untuk masyarakat saya,” ujarnya.

Rencana pembebasan lahan lainnya juga terkait jalan terusan pinggir Sungai Jangkuk tembus hingga Ampenan. Saat ini jalan yang baru ada di sebagian Dasan Agung dan sebagian Kebun Sari dianggap memberikan banyak dampak positif bagi warga. Selain mempermudah akses, keberadaan jalan itu juga menjadikan tampilan Mataram lebih baik.

 ”Saya harap sejumlah rencana itu, termasuk yang di Babakan semuanya bisa terealisasi,” harap Ahyar. (yuk/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka