Ketik disini

Tanjung

Disbudpar Siapkan Tiga Jurus Jitu

Bagikan

TANJUNG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Caranya dengan membina pelaku pariwisata, berinovasi membuat destinasi sendiri, dan kebijakan penyaluran APBD secara merata. Hal ini diungkapkan Kabid Destinasi Wisata Disbudpar Lombok Utara I Wayan Bratayasa, kemarin (15/1).

Menurutnya, pariwisata bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan. Oleh karena itu, untuk mengelola pariwisata masyarakat harus tahu apa yang diinginkan oleh wisatawan sendiri.

”Salah satu upaya kita yang paling penting yaitu membina Pokdarwis di semua Kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskan, membangun destinasi wisata sendiri merupakan implementasi dari ide-ide inovatif yang dimiliki masyarakat. Hal itu sudah mulai terwujud. Salah satunya di objek wisata kebun kopi Senaru serta rumah pohon di atas air terjun Kertagangga.

Brata menilai masyarakat yang lebih tahu mau dibuat apa kawasan yang dianggap potensial itu. Kalau berkaca dari Bali, di sana masyarakatnya aktif. Mereka membuat suatu inovasi untuk mendatangkan wisatawan sendiri.

Unsur terakhir yakni dukungan APBD. Pihaknya mengatakan, pada tahun 2017 Disbudpar Lombok Utara bakal melakukan penataan di sejumlah destinasi wisata dengan total anggaran senilai Rp 18 miliar. Ini juga merupakan salah satu bentuk intervensi Pemkab Lombok Utara. ”Tahun ini kita sudah mulai, kita memprioritaskan di darat. Karena tujuannya supaya penyebaran wisatawan bisa merata,” katanya.

Lebih lanjut, Brata mengatakan, jika ketiga unsur ini bisa masuk dan diterapkan maka pariwisata akan maju. Dampak target kunjungan tahun 2017 sebesar 1 juta wisatawan bisa tercapai. (puj/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka