Ketik disini

Pendidikan

MAN Gerung Budayakan Membaca

Bagikan

GIRI MENANG — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Gerung Lombok Barat (Lobar) menumbuhkan minatabaca siswa dengan mendatangkan Perpustakaan keliling . Para siswa diminta untuk memanfaatkan perpustakaan tersebut untuk membaca atau pun meminjam buku. “Kami minta siswa memanfaatkan perpustakaan keliling ini,” kata Kepala Perpustakaan MAN Gerung Agus Setiono, Sabtu (14/1).

Terobosan dilakukan kepala perpustakaan menggairahkan siswa untuk membaca.Nampak para siswa memanfaatkan perpustakaan keliling untuk membaca dan meminjam buku. Tak ketinggalan beberapa siswa juga menayakan buku reprensi pembelajaran untuk bisa dipinjam.

Agus mengatakan, MAN Gerung telah melakukan kerja sama dengan Perpusda NTB melalui perpustakaan keliling guna siswa bisa membudayakan membaca. Karena melalui membaca, siswa akan punya pengetahuan  dan wawasan lebih banyak.

Kepala MAN Gerung Abdul Azis Faradi menyambut positif kedatangan perpustakaan keliling. Pada program ini, siswa dapat meminjam dua judul buku fiksi dan nonfiksi. Selain itu, buku agama, sosial, dan iptek. “Ini bisa dipinjam satu bulan,” kata dia.

Kedatangan perpustakaan ini juga membuat siswa antusias mencari judul buku yang sesuai dengan minat bacanya. Ini menunjukkan membaca menjadi tabir untuk membuka wawasan dan pegalaman siswa. Sekaligus  sebagai sumber belajar siswa.

Sementara itu guru bahasa Indonesia Muhsan menugaskan siswa untuk melakukan resensi isi buku fiksi atau pun nonfiksi. Dengan demikian siswa wajib  membaca. “Ini sangat positif tanpa harus kita menyuruh membaca. Tetapi siswa punya kesadaran  dan menjadi kebutuhan belajarnya,” sebut dia. (jay/r9/*)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka