Ketik disini

Sumbawa

Pengawasan Orang Asing Diperketat

Bagikan

SUMBAWAA�– Imigrasi Sumbawa akan lebih memperketat pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Sumbawa. Hal ini dilakukan dengan cara melibatkan unsur dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sumbawa Syahrifullah mengatakan, pihaknya segera melakukan sosialisasi di sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Sosialisasi ini awalnya dilakukan di tingkat kabupaten terlebih dahulu. Kemudian turun ke sejumlah kecamatan di Kabupaten Sumbawa.

”Kemudian kami akan melakukan sosialisasi terkait izin tinggal orang asing di Sumbawa,” ujarnya kepada Radar Sumbawa (Lombok Post Group), kemarin(18/1).

Syahrifullah memaparkan, bahwa program tahun ini lebih padat dari tahun sebelumnya. Dalam hal ini, pihaknya juga melibatkan unsur kecamatan untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing. Dengan demikian, pengawasan terhadap orang asing akan menjadi lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, pengawasan orang asing ini akan menjadi lebih luas jangkauannya. Tahun sebelumnya, masih ada sejumlah kecamatan yang belum diikutsertakan dalam pengawasan orang asing. Tahun ini, semua kecamatan akan dilibatkan dan di tingkat desa.

”Saya juga mendorong masyarakat untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing. Terutama orang asing dari China,”katanya.

Syahrifullah menjelaskan, penekanan terhadap pengawasan orang asing dari China ini bukan karena ada penekanan khusus dari pemerintah pusat. Hal ini dilakukan, karena juga penangkapan terhadap orang asing dari China kerap dilakukan. Selain itu, belum lama ini pihaknya juga mengamankan satu orang asing dari China yang tidak dilengkapi dokumen apapun. Selama ini warga negara asing yang kerap bermasalah adalah warga negara dari China.

Pengawasan ini juga dilakukan, untuk mencegah jangan sampai orang asing tersebut diterbitkan KTP-nya. Karena itu, pihaknya terus bergerak hingga ke tingkat bawah untuk pengawasan orang asing. Karena itu, diharapkan dukungan semua pihak untuk bersama-sama mengawasi keberadaan orang asing di Kabupaten Sumbawa. (run/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka