Ketik disini

Bima - Dompu

Dokumen Basah Jangan Dijemur

Bagikan

KOTA BIMA – Akibat banjir yang menerpa Kota Bima akhir tahun lalu, tidak sedikit dokumen SKPD yang terendam banjir. Dokumen yang dipenuhi lumpur dan basah itu teryata tidak boleh dijemur.

“Kalau dijemur arsip malah akan rusak,” ujar Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima Hj Ratnawati pada Radar Tambora (Lombok Post Group), kemarin(19/1).

Dijelaskan, arsip yang rusak bila dijemur akan semakin rusak. Sebab arsip tersebut akan lengket, kemudian mengeras.

Bila sudah demikian, kata dia, arsip tersebut pasti akan rusak. Karena bakteri yang menempel akan semakin banyak. Sehingga merusak kertas dokumen.

“Selama ini dokumen yang terkena air pasti kita jemur. Cara itu sebenarnya salah,” katanya.

Untuk menyelamatkan dokumen tersebut, ketika masih dipenuhi lumpur disiram dengan air secara perlahan. Kemudian dipilah satu persatu. Setelah itu, dokumen diangin-anginkan dalam ruangan hingga kering.

“Setelah kering dokumen dirapikan kembali,” katanya.

Untuk dokumen yang sudah lembab, jangan disiram dengan air. Tapi disemprot menggunakan alkohol. Supaya dokumen bisa terlepas. Sebab kalau disiram dengan air malah akan rusak. Karena kadar air dalam kertas sudah berkurang.

Maksud penyemprotan dokumen dengan dengan alkohol juga untuk membunuh bakteri yang menempel di kertas. Sebab dalam kondisi lembab banyak bakteri dan jamur.

a�?Bila sudah disemprot baru dipilah, disterilkan dan diangin-anginkan kembali,” pungkasnya. (nk/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka