Ketik disini

Praya

ITDC Mulai Tata Pantai Kuta

Bagikan

PRAYA – PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC mulai menata kawasan Pantai Kuta sepanjang 1,5 kilometer di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort. Bersamaan dengan itu, dibangun pula akses jalan dalam kawasan selebar 90 meter. Untuk proyek ini, ITDC menyiapkan anggaran Rp 138 miliar.

ITDC menggandeng PT Wijaya Karya (WIKA) sebagai sebuah bagian dari sinergi BUMN untuk melakukan percepatan pembangunan KEK Mandalika. Proyek penataan dan pembangunan jalan ini ditargetkan tuntas awal 2018.

Kontrak kerjasama antara ITDC dan WIKA, ditandatangani bersama oleh Dirut PT ITDC Abdulbar M Mansoer dan Direktur Operasional PT Wijaya Karya, Gandira Gutawa, Jumat (20/1), di kantor PT ITDC di Lombok Tengah.

Penandatanganan dihadiri pula Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BKMPT) NTB HL Gita Aryadi, Kapolres Lombok Tengah AKBP Nuroddin, jajaran ITDC dan WIKA dan pejabat provinsi dan pemkab Loteng.

Abdulbar M Mansoer menjelaskan, WIKA akan membangun jalan kawasan dan jalan penghubung pantai Kuta menuju kawasan hotel-hotel seperti Pullman dan Med Club, dengan lebar 90 meter.

Pada sisi kanan dan kiri jalan akan ditata dengan landscape indah berbasis lingkungan, seperti yang dibangun di resor-resor berstandar internasional.

Sementara untuk penataan pantai Kuta, WIKA akan menata kawasan pantai sepanjang 1,5 Km. Sarana dan prasarana pendukung akan dibangun seperti jalan khusus untuk pejalan kaki, tempat istirahat dilengkapi fasilitas shower dan toilet, dan penyediaan lahan parkir yang memadai di sepanjang pantai Kuta.

“Mulai Senin nanti, WIKA akan secara full tim mengerjakan proyek ini dan targetnya bisa selesai awal 2018,” katanya.

Sebelumnya ITDC juga menjalin kontrak kerja sama dengan PT WIKA melalui anak perusahaannya WIKA Gedung, dalam pembangunan sarana pengelolaan air bersih dan pembangunan masjid Agung Mandalika.

Direktur Operasional PT WIKA, Gandira Gutawa mengatakan, WIKA berkomitmen untuk menyelesaikan proyek sesuai target. Bila perlu lebih cepat. “Jadi manfaat juga bisa lebih cepat dirasakan masyarakat,” katanya.

Gandira menjelaskan, dalam kontrak kerja sama yang ditandatangani, total panjang jalan kawasan yang akan dibangun dan ditata WIKA sepanjang 14 Km yang terdiri dari dua bagian di sebelah Barat dan Timur kawasan KEK Mandalika.

“Dari total panjang itu kita menata dan meningkatkan jalan yang sudah, dan juga pembuatan jalan baru sepanjang 4 Km,” katanya dan menegaskan harapannya pada dukungan semua pihak. (kus/r8)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka