Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Ponpes NU Darul Falah Akan Produksi Air Mineral

Bagikan

MATARAMA�– Pondok Pesantren NU Darul Falah, Pagutan, Kota Mataram mulai mengembangkan koperasinya. Saat ini, Koperasi Ponpes NU Darul Falah itu baru menyediakan alat tulis kantor (ATK) untuk para santrinya.

Pengasuh Ponpes NU Darul Falah TGH Muammar Arafat mengatakan, penerapan bisnis di Pondok Pesantren tidak sekadar mengejar keuntungan semata. Tapi ada nilai beramal karena digunakan untuk kepentingan pondok pesantren.

“Nggak ada ruginya karena memang pasarnya sudah jelas dan hasilnya untuk pengembangan pondok pesantren,” ujar Muammar Arafat kepada Lombok Post kemarin (20/1).

Dikatakan, seiring semakin berkembangnya konsep ekonomi berbasis syariah mendorong pihaknya untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satunya dengan menghadirkan produk-produk yang menarik untuk menghasilkan profit.

Ponpes NU Darul Falah mulai memproduksi kaos dan hiasan dinding yang dibuat oleh santri. Jumlah santri di Ponpes tersebut sebanyak 825 santri. Itu termasuk tenaga pengajar dan lainnya. Muammar menilai perkembangan Koperasi Ponpes NU Darul Falah akan terus digenjot semaksimal mungkin.

“Kami akan memproduksi air kemasan untuk mengembangkan koperasi ini,” papar dia.

Koperasi yang beroperasi selama lebih kurang 13 tahun ini sangat didukung oleh wali santri. Ke depan, kata Muammar pihaknya akan membangun basis perekonomian yang strategis sehingga menjadi pondok pesantren mandiri. Lagipula, Pondok Pesantren NU Darul Falah ini akan menerapkan sistem pendidikan gratis bagi masyarakat. (tan/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka