Ketik disini

Headline Sumbawa

Kondusifitas Daerah Harus Tetap Dijaga

Bagikan

TALIWANG—Bupati Sumbawa Barat H Musyafirin meminta semua pihak untuk tetap menjaga kondusifitas daerah. Daerah yang aman dan kondusif tentu akan membawa dampak positif bagi pembangunan Sumbawa Barat.

‘’Termasuk keamanan dalam berinvestasi. Ini penting, agar semua investasi yang masuk ke KSB bisa berjalan dengan baik,’’ kata Musyafirin menyikapi gejolak yang terjadi di KSB terkait persoalan antara PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) dengan rekanan binsis mereka.

KSB sendiri merupakan salah satu kabupaten yang menjadi tujuan investasi. Baik itu pemodal asing maupun pemodal dalam negeri. Salah satunya, investasi di bidang pertambangan. H Firin – panggilan akrabnya- mengatakan, nilai investasi sektor pertambangan di KSB menempati posisi pertama. Bahkan tertinggi di NTB.

‘’Nilai investasi tambang tembaga dan emas yang saat ini di kelola PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) itu sangat besar. Investasi ini bahkan menempati peringkat pertama penopang ekonomi Sumbawa Barat. Karenanya, keamanan investasi perusahaan ini harus tetap dijaga,’’ pintanya.

Bupati tidak menampik, pasca peralihan saham dari PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) ke PT AMNT sempat menimbulkan persoalan di internal perusahaan sendiri. Namun hal tersebut tidak perlu disikapi dengan reaksi berlebihan dari masyarakat KSB. Apalagi, manajemen AMNT sendiri sudah menyatakan kesiapan mereka untuk menyelesaikan semua persoalan itu.

‘’Mereka (AMNT) itu masih butuh penyesuaian. Makanya mereka minta waktu. Terkait dengan persoalan yang terjadi saat ini, mereka sudah menjanjikan akan diselesaikan paling telat akhir bulan ini, atau awal Februari mendatang,’’ katanya.

Mitra bisnis, masyarakat KSB maupun semua LSM yang ada di KSB juga dapat memahami hal tersebut. Proses peralihan operator tambang dari PTNNT ke AMNT ini membutuhkan waktu. AMNT selaku operator baru perlu melakukan penyesuaian dengan kondisi yang ada saat ini. Karenanya, bupati kembali meminta, agar semua pihak dapat memahami dan tidak melakukan hal-hal yang dapat menganggu kondusifitas daerah. Kondusifitas itu akan berimbas pada investasi baik yang sedang berjalan maupun akan masuk ke KSB.

‘’ Bukan hanya untuk AMNT saja, tapi untuk semua investasi yang akan masuk ke KSB. Jangan mengambil keputusan dan tindakan berdasarkan informasi yang tidak matang. Karena kesalahan menerima informasi ini bisa menyebabkan tidak nyamannya investor beroperasi di KSB,’’ katanya.

Keresahan terbesar yang terjadi saat ini lebih kepada persoalan antara mitra bisnis dengan AMNT selaku pemberi pekerjaan. Terkait persoalan itu, lagi-lagi orang nomor wahid di bumi penghasil tembaga dan emas ini mengingatkan untuk dapat disikapi secara bijak.

‘’Kalau persoalan PKB misalnya, AMNT sudah merealisasikan komitmennya untuk lebih baik dari perusahaan sebelumnya. Nah tinggal untuk eksternalnya saja. Nah mereka butuh waktu untuk menyelesaikan semua persoalan ini,’’ katanya..

Bupati tidak menampik, keluhan terkait persoalan yang terjadi antara mitra bisnis dengan AMNT selaku perusahaan yang memberikan pekerjaan sering diterima pemerintah. Bahkan dalam forum yasinan yang digelar setiap malam Jum’at, keluhan tersebut tetap disuarakan masyarakat maupun mitra bisnis lokal AMNT.

‘’Keluhan itu sudah kami sikapi dengan bersurat ke AMNT. Manajemen berjanji akan menyelesaikan keluhan mitra bisnis ini dalam waktu tidak terlalu lama. Ya kita tunggu saja, dan kami optimis ini bisa diselesaikan,’’ katanya. (far/r4)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka