Ketik disini

Pendidikan

HANYA LIMA SMP LOBAR SIAP UNBK

Bagikan

GIRI MENANG — Sebanyak 6.357 siswa SMP lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Barat (Lobar) akan melaksanakan ujian nasional tahun ini. Dari jumlah tersebut, hanya lima sekolah siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Kita di Lobar hanya lima sekolah yang siap,” kata Kabid Dikdas Dikbud Lobar Hairuddin, kemarin (24/1).

Dari data Dikbud Lobar lima sekolah yang menyatakan siap melaksanakan UNBK. Diantaranya SMPN 4 Gerung, SMPN 3 Labuapi, SMPN 4 Narmada, SMPN 5 Narmada, dan SMPN 3 Lembar. “Dari segi sarana prsarana sekolah ini sudah siap,” imbuh mantan Kepala SMAN 1 Gunungsari Lobar ini.

Ia mengaku, sarana prasarana pada UNBK, baik itu komputer maupun server akan dibantu Dikbud Lobar. Bahkan beberapa sekolah sudah melaksanakan simulasi UNBK untuk melihat sejauh mana kesiapan siswa dan fasilitas pendukung. “Januari lalu sudah ada simulasi,” ucap dia.

Kedepan sambungnya, sekolah lainnya akan melaksanakan simulasi awal Februari mendatang. Persiapan UNBK ini juga akan dilaksanakan dengan pelaksanaan tryout agar siswa lebih familiar dengan komputer.

Ia menjelaskan, tryout akan dilaksanakan secara bersama-sama untuk mengetahui kompetensi siswa dalam mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ujian. Ini perlu diadakan untuk menganalisis kemampuan siswa. Sehingga, akan ketahuan mana sekolah dan siswa dari segi kualitas. “Sekolah dengan nilai rendah akan ada solusi kita diberikan. Intinya kita akan melakukan pemetaan,” kata dia.

Terpisah Kepala SMPN 4 Narmada Zainuddin mengatakan, mau tak mau pihaknya harus menerapkan UNBK. Sebab, sekolah yang memiliki 20 unit komputer diminta ujian online. Sementara di sekolah  terdapat 20 unit komputer. “Nanti  kita pakai komputer di ruangan saya ini juga. Itu juga ada di ruang TU,” kata dia.

Disamping itu, ia akan meminjam komputer dari sekolah lain untuk melengkapi sarana dan prasarana pada UNBK. “Kita akan pinjam komputer SMK Kehutanan Qamarul Huda Narmada,” tutup dia. (jay/r9)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka