Ketik disini

Sportivo

Mariati Dapat Penghargaan Peace Run International

Bagikan

MATARAM – Berbagai prestasi yang diukir Pesilat NTB Mariati mendapat apresiasi internasional. Kemarin (24/1), wanita asal Lombok Tengah itu mendapat penghargaan dari Peace Run International. Penghargaan itu diserahkan Direktur Eksekutif Peace Run International Salil Wilson di halaman kantor Gubernur NTB.

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk penghormatan kepada Mariati yang meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia di Bali, Desember 2016 lalu.

Untuk diketahui, Peace Run International didirikan Sri Chinmoy. Ini merupakan lembaga perdamaian yang berdiri sejak 1987 di New York, Amerika Serikat.  Penghargaan itu diberikan kepada seluruh atlet berprestasi pada tingkat internasional sebagai bentuk estafet global dengan tujuan mempromosikan persahabatan internasional dan pemahaman.

Direktur Eksekutif Peace Run International Salil Wilson mengatakan, sejak 1987 lembaga tersebut telah menjangkau 150 negara dan menyentuh jutaan orang. Cara memberikan penghargaan dengan membawa obor. Diperkirakan, mereka sudah berlari membawa obor sejauh 395 ribu mil atau 632 ribu kilometer. ”Filosofi obor itu menandakan perdamaian,” terangnya.

Obor yang dibawa tersebut lalu diberikan kepada seseorang secara estafet. Cara itu  untuk mengekspresikan harapan dan impian mereka untuk lebih baik dan masa depan yang cerah. ”Semua orang bisa memegang obor itu memberikan kesempatan kepada mereka untuk berharap bisa sukses,” jelasnya.

Rencananya, pemberian penghargaan akan dilanjutkan ke beberapa daerah di Indonesia dan wilayah di dunia. ”Kita akan kelilingi pembakaran obor ini ke beberapa negara,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB H Muh. Amin mengaku bangga obor itu bisa dinyalakan di NTB. Karena, pembakaran obor peace run ini baru kali pertama di daerah Bumi Gora. ”Kita patut berbangga karena kita juga ikut andil dalam menggaungkan perdamaian dunia,” ujarnya.

Wagub juga bangga dengan Mariati yang berhasil meraih emas dalam ajang kejuaraan dunia pencak silat.  ”Itu membuktikan NTB mampu berprestasi di level internasional,” ucapnya.

Mariati mengaku terkejut dengan penghargaan yang diberikan pada dirinya. Karena, penghargaan tersebut tidak pernah dipikirkan sebelumnya. ”Ini seperti kejutan. Saya tidak tahu akan diberikan kejutan. Saya hanya disuruh datang menggunakan baju olahraga saja,” tuturnya.

Menurutnya, penghargaan ini sangat spesial baginya. Karena menjadi orang NTB pertama mendapatkan penghargaan dari peace run.

Dia berharap, atlet NTB bisa mengikuti jejaknya, sehingga bisa mendapatkan penghargaan dari lembaga tersebut. (arl/r1)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka