Ketik disini

Sportivo

PPLP Perlu Formulasi

Bagikan

MATARAM – Prestasi Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) NTB di pentas nasional belum menggembirakan. Pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2013, NTB meraih empat emas, tiga perak, dan empat perunggu. Dua tahun kemudian, mereka mendapat empat emas, satu perak, dan dua perunggu.

Melihat grafik prestasi PPLP NTB, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB yang bertanggung jawab, saat ini sedang mencari formulasi untuk meningkatkan prestasi itu.  ”Yang harus kita lakukan untuk PPLP itu adalah mencari formulasi,” kata Kabid Olahraga Dispora NTB Anang Zulkarnaen, kemarin (24/1).

Menurutnya, formulasi itu akan menjadi jalan keluar untuk membina atlet yang ada di PPLP NTB. Misalnya, menjelang Popnas September mendatang, banyak atlet yang diproyeksikan mendapatkan emas tidak bisa memperkuat NTB. Karena pada bulan Juni status mereka sudah bukan pelajar lagi. ”Kendala itu, yang kita masih pikirkan. Kita cari formasi yang pas,” ujarnya.

Anang menjelaskan, atlet PPLP NTB yang tidak bisa bertanding itu bisa digantikan dengan atlet luar PPLP. Namun, umurnya harus sesuai aturan dan berstatus pelajar. ”Apa iya kulitas penggantinya itu sama dengan atlet PPLP. Ini yang menjadi persoalan,” keluhnya.

Untuk itu, kedepan Dispora NTB akan berkoordinasi dengan pelatih dan cabor. ”Kita cari solusinya bersama-sama,” jelasnya.

Anang menjelaskan, kendala yang dihadapi PPLP NTB pasti dialami semua daerah. Karena, tidak ada atlet Popnas yang mendapatkan juara dua periode. ”Popnas ini diadakan dua tahun sekali. Jadi kematangan atlet untuk berprestasi di tingkat pelajar itu ada di kelas 2 SMA,” kata Anang.

Selain untuk memikirkan pembinaan atlet, Dispora juga akan mencari formulasi untuk membina atlet alumni PPLP. ”Banyak atlet PPLP NTB yang tidak mendapatkan pembinaan berkelanjutan setelah keluar dari PPLP,” ujarnya. (arl/r1)   

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka