Ketik disini

Headline Sumbawa

Mardiyah Berangkat Ilegal

Bagikan

SUMBAWA– Selain melapor ke Polres Sumbawa, Mardiyah, seorang TKW yang merasa tertipu saat keberangkatan dan penempatannya di Saudi Arabia juga melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbawa. Dari data Disnakertrans, ternyata Mardiyah berserta sembilan rekannya berangkat tidak sesuai dengan jalur yang ditetapkan pemerintah alias ilegal.

”Mereka tidak melalui pemerintah kok,” kata Kepala Disnakertrans Sumbawa Syafruddin Nur, kemarin(25/ 1).

Meski demikian, pihaknya tidak tinggal diam. Kini Disnakertrans tengah mendata sembilan orang rekan Mardiyah yang lain. Kemudian pemerintah akan berusaha memulangkan mereka.

Menurut informasi dari Mardiyah, rekannya juga memiliki nasib yang sama dengannya. Karena itu, Disnakertrans Sumbawa melakukan pendataan terkait Sembilan orang tersebut. Sehingga informasi mengenai mereka tidak simpang siur.

Untuk meminimalisir kejadian serupa, Syafruddin berjanji akan mengoptimalkan keberadaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PLTSP). Seperti diketahui, dalam PLTSP ini ada semua unsur. Baik itu Disnakertrans, kepolisian, Dukcapil dan Imigrasi. Nantinya pelayanan guna keberangkatan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri bisa dilaksanakan dengan cepat.

”Kalau sebelumnya proses pengiriman TKI memakan waktu lima bulan, dengan PLTSP ini hanya lima hari saja,” kata mantan Kepala Dinas Peternakan Sumbawa ini.

Saat ini, Disnakertrans sudah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait pengiriman TKI ke luar negeri. Namun, masyarakat masih saja tergiur dengan iming-iming oknum sponsor. Karena itu, sosialisasi akan lebih gencar dilaksanakan kepada masyarakat. Sehingga tidak ada masyarakat yang tertipu. (run/r4)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka