wholesale nfl jerseys Angka Kematian Ibu Menurun

Ketik disini

Selong

Angka Kematian Ibu Menurun

Bagikan

SELONGA�– Sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbanyak di NTB, Lombok Timur (Lotim) mempunyai sejumlah persoalan terkait kesehatan masyarakatnya.

A�Namun, khusus untuk kematian ibu hamil atau ibu yang melahirkan, jumlah kasus di Lotim tahun ini menurun.

“Bahkan jika dibandingkan dengan angka nasional kami di Lotim jauh lebih kecil,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lotim drg. Asrul Sani.

Jika mengacu angka nasional, saat ini jumlah kematian ibu berada pada angka 359 per 100 ribu kelahiran. Sementera untuk angka di Lotim saat ini dibawah 100 per 100 ribu kelahiran.

Tahun 2015 lalu jumlah ibu yang meninggal di Lotim mencapai 105 orang. Tahun 2016 angka ini menurun di bawah 100. “Kami terus melakukan sosialisasi agar keluarga segera melaporkan ibu hamil yang berisiko. Itu bisa ke Posyandu atau ke Pusesmas agar bisa cepat ditangani,” kata Asrul.

Para suami diminta mendampingi istrinya dan mengontrol asupan gizi saat sedang hamil. Karena asupan gizi berpengaruh besar ketika ibu tersebut melahirkan. Pihak Dikes melalui puskesmas juga rutin memberika bantuan untuk tablet zat penambah darah. “Kami di Dinas kesehatan rutin memberikan tamblet penambah darah, karena ketika hamil ibu-ibu ini rentan anemia. Selain itu PMT juga diberika bagi ibu yang kurang asupan gizinya,” ujarnya.

“Tapi, kebanyakan ibu yang meninggal disebabkan ada kelainan penyakit penyertanya,” sambung Asrul. Untuk itu, kini Dikes berupaya sedini mungkin untuk mendeteksi kondisi ibu hamil. Baik dari segi asupan gizi, darah, hingga kondisi penyakit penyerta. Sehingga ketika ditemukan ada kelainan penyakit penyerta pihak Puskesmas bisa segera menindak lanjuti. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka