Ketik disini

Metropolis

Target Transaksi Great Sale 18 M

Bagikan

MATARAM – Dihelat selama sebulan penuh, Dinas Pariwisata NTB menargetkan transaksi event Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 bisa meraup transaksi sedikitnya Rp 18 miliar. Hitungannya, event banjir diskon ini diharapkan akan mampu mendatangkan sedikitnya 3.000 wisatawan nusantara dan mancanegara.

Dengan lama tinggal tiga hari dua malam, diasumsikan satu orang wisatawan akan membelanjakan sedikitnya Rp 6 juta untuk penerbangan, hotel, makan, paket wisata, dan taransaksi souvenir. a�?Sehingga dengan target 3.000 wisatawan, maka transaksi kita harapkan paling sedikit Rp 18 miliar,a�? kata Kepala Dinas Pariwisata NTB HL Mohammad Faozal.

Kemarin(1/2), event Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 resmi dimulai dan akan berlangsung hingga 28 Februari. Ditandai dengan penyambutan wisatawan nusantara dan wisatawan asing yang menggunakan penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Lombok. Total ada 156 wisatawan nusantara dan mancanegara dalam penerbangan tersebut.

Para wisatawan itu disambut dengan tarian Genang Beleq di pintu kedatangan. Mereka juga mendapat pengalungan selendang, katalog hotel, restoran, travel agent, dan maskapai penerbanyan yang turut serta dalam program banjir diskon. Para wisatawan juga mendapatkan voucer diskon secara cuma-cuma yang disiapkan di bandara.

Sesaat sebelum mendarat, awak kabin Garuda Indonesia juga telah mengumumkan event Lombok-Sumbawa Great Sale kepada para penumpang. Sehingga semenjak masih di atas pesawat, penumpang telah diberi informasi terkait program pesta diskon industri pariwisata NTB tersebut.

Selain di Garuda Indonesia, pemberitahuan serupa juga ada di maskapai Lion Air dan Citilink, yang turut serta dalam event banjir diskon ini. Maskapai memberikan diskon harga tiket hingga 15 persen dari harga terendah. Sebagai contoh, tiket rute Jakarta ke Lombok dijual rata-rata Lion Air semenjak kemarin di bawah Rp 600 ribu.

Total kata Faozal ada 180 hotel, restoran, tempat belanja, dan travel agent yang turut serta dalam Lombok-Sumbawa Great Sale 2017. Hotel-hotel di Kota Mataram memberikan diskon hingga 70 persen. Beberapa hotel di Gili Trawangan juga memberikan diskon serupa. Di kawasan wisata Senggigi, sejumlah resort dan vila juga memberikan penawaran menggiurkan karena banting harga.

Pusat belanja di Mataram Mall, Lombok Epicentrum Mall dan Lombok City Center juga menyiapkan diskon hingga 70 persen. Restoran-restoran dan lesehan ternama juga menyiapkan paket diskon dengan rata-rata di angka 20 persen.

Sementara untuk masyarakat NTB yang ingin menikmati pesta diskon ini, kata Faozal bisa datang ke Lombok Epicentrum Mall dan mendapatkan voucer diskon di sana. Saat bertransaksi di hotel, rumah makan dan lesehan, voucer diskon tersebut akan menjadi akses bagi mereka untuk mendapat potongan harga.

Selama event ini dihelat, Faozal mengatakan, pihaknya akan menyiapkan pos pemantauan di Lombok Epicentrum Mall. Pemantauan untuk memastikan efektivitas program ini dalam mendongkrak angka kunjungan.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB H Affan Ahmad yakin, event ini akan mampu mendongkrak angka kunjungan di bulan Februari yang biasanya memang low seasion. Dia memperkirakan, tingkat hunian hotel akan meningkat menjadi 60 persen, dari yang saat ini pada angka 30 persen. (kus/r8)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka