Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Kontribusi BRI, 91,1 Persen

Bagikan

MATARAM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menunjukkan dukungan terhadap program-program yang telah dicanangkan pemerintah dalam menggerakkan sektor UMKM. Sampai akhir tahun 2016, Bank BRI mampu menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 69,4 triliun untuk 3,9 juta debitur atau tumbuh 328 persen dari tahun sebelumnya.

”Dengan capaian tersebut, Bank BRI berkontribusi sebesar 91,1 persen dari total penyaluran KUR nasional,” kata Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam di sela-sela kunjungannya ke Lombok beberapa hari lalu.

Dari nilai tersebut, penyaluran KUR terbesar diserap sektor perdagangan dan pertanian. Penyaluran kredit merupakan wujud komitmen Bank BRI untuk memberdayakan UMKM yang merupakan sektor strategis penggerak ekonomi domestik.

”Bank BRI mampu mempertahankan komposisi penyaluran kredit kepada segmen UMKM lebih dari 70 persen dari total kredit. Ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Bank BRI untuk menggarap sektor UMKM,” ujarnya.

Bank BRI berkomitmen mendukung UMKM tumbuh dan naik kelas melalui digitalisasi UMKM. Beberapa inovasi yang telah dilakukan untuk membuat UMKM Go Digital di antaranya melalui platform e-Pasar BRI untuk memperluas akses pasar khususnya pedagang pasar tradisional. Serta membangun Co-working Space sebagai langkah BRI untuk berkolaborasi dengan pelaku start-up dan membentuk ekosistem digital. Selain itu, Bank BRI juga bekerja sama dengan Kementerian Kominfo membagikan 1 juta domain gratis bagi nasabah UMKM BRI.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso menyatakan, saat ini Bank BRI fokus untuk melakukan sinergi, baik internal maupun eksternal guna memberikan nilai tambah kepada seluruh stakeholders. Sinergi yang dilakukan di antaranya sinergi antar BUMN sebagai upaya optimalisasi peran BUMN dalam membangun perekonomian dan mewujudkan BUMN hadir untuk negeri. Selain itu bersinergi dengan Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) sebagai upaya efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada nasabah.

”Yang penting sinergi dengan perusahaan anak BRI untuk memberikan layanan integrated banking solution ke seluruh nasabah BRI yang tersebar di Indonesia,” tandasnya. (nur/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka