Ketik disini

Giri Menang Headline

Tiga Desa di Labuapi Terendam

Bagikan

GIRI MENANG – Setelah diguyur hujan deras terus menerus, tiga desa di Kecamatan Labuapi terendam banjir. Lokasi yang terendam adalah Desa Terong Tawah di Dusun Jerneng, Dusun Kali Jage, Dusun Mekar, dan Dusun Peresak.

Kemudian Desa Perampuan di Dusun Kerepet, dan Dusun Karang Paok. Serta di Desa Kuranji, Dusun Kuranji Dalam.

Pantuan dilokasi, banjir terparah terjadi di Desa Perampuan. Ketinggian air  mencapai lutut orang dewasa.

Nurlela, warga Dusun Karang Paok, Desa Perampuan menuturkan, air mulai masuk ke rumah warga sekitar pukul 05.00 Wita. Salah satu penyebab, kata dia  buruknya drainase. Karena air yang masuk ke rumah warga merupakan air kiriman dari dusun tetangga.

“Salurannya tidak bagus (dusun tetangga), makanya air sampai turun ke rumah kami,” ungkapnya.

Menurut Camat Labuapi Fauzi yang turun langsung mengecek kondisi warga, tiga desa yang terendam memang langganan banjir setiap tahun. Kata dia, begitu hujan terus-menurus turun seperti sekarang, tiga desa akan terendam.

“Apalagi tiga dusun di Desa Perampuan ini, langanan banjir,” tuturnya.

Fauzi mengakui, penyebab banjir karena saluran drainase di desa setempat yang kurang bagus. Ditambah lagi, masih kurang kesadaran masyarakat membuang sapah, membuat air sulit bergerak.

Alhasil, ketika hujan turun terus menurus seperti saat ini, tiga dusun menjadi terendam.

Untuk membantu warga, Fauzi mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait dalam hal ini dinas PU, BWS, dan BPBD. Rencananya,  hari itu juga drainase penyebab banjir akan langsung didata.

“Mana yang parah butuh perbaikan, mana nanti yang harus dibuatkan tanggul,” ujarnya.

Data dari pemerintah desa dan kecamatan, banjir parah juga terjadi di Desa Kuranji Dalam. Dimana terdapat 150 KK terkena dampak. Sementara di Desa Perampuan sekitar 400 KK terkenda dampak. Dan Desa Terong Tawah sekitar 300 KK. Namun belum ada warga sampai dievakuasi.  (zen/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka