Ketik disini

Giri Menang

Lobar Dapat Jatah Rp 108 M

Bagikan

GIRI MENANG – Dana Desa (DD) Kabupaten Lombok Barat tahun 2017 belum cair hingga saat ini. Kabar terakhir menyebutkan, dana senilai Rp 108 miliar tersebut baru bisa terealisasi Maret mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kasi Administrasi Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lombok Barat Maryuki, kemarin (13/2). “Pencairan pusat dilakukan Maret, minggu kedua,” terangnya.

Maryuki mengaku, pihaknya sejauh ini belum bisa mengajukan pencairan. Lantaran masih melengkapi berkas persyaratan. ”Perbupnya (DD) sudah ada, Kalau APBDes sudah tuntas,” katanya.

Alokasi DD per desa di Loba berdasarkan alokasi dasar dan alokasi formula. Artinya, 90 persen DD tersebut dibagi secara merata ke 119 desa dan keluruahan di Lombok Barat. Kemudian 10 persen sisanya dibagi berdasarkan luas wilayah, tingkat kemiskinan, dan jumlah penduduk.

“Berdasarkan alokasi dasar per desa sekitar RP 742 juta. Sisanya dibagi berdasarkan item tadi,” jelas Maryuki.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lobar Edy Sadikin berharap, kemunduran pencairan di tingkat pusat ini tidak mempengaruhi program pembangunan di masing-masing desa.

Saat ini, pihaknya masih terus mengupayakan pencairan dananya. Masih terus berkomunikasi dengan pejabat di Kemenkeu. Meski begitu, tetap optimistis DD Rp 108 miliar akan dikucurkan Maret mendatang.

”Mudah-mudahan setelah berkas lengkap, Maret bisa dicairkan. Kami masih terus komunikasi dengan Kemenkeu,” ujarnya.

Selain itu, sambung dia, sebenarnya proses transfer dana desa dari Pemerintah Pusat ke daerah tidaklah terlambat. Sehingga proses pencairannya Maret mendatang sudah cukup ideal.

“Tidak terlambat, memang seperti itu mekanismennya,” tandasnya singkat. (zen/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka