Ketik disini

Tanjung

Satu Dokter Satu Desa, Apa Kabar Ya?

Bagikan

TANJUNG – Hingga tahun kedua kepemimpinan Najmul Akhyar dan Sarifudin di Lombok Utara, program inovasi satu dokter satu desa dinilai belum terealisasikan. ”Sampai saat ini kami nilai program satu dokter satu desa belum jalan,” ujar anggota Banggar DPRD Lombok Utara Ardianto.

Dijelaskan, tahun ini, Banggar sudah menyepakati anggaran untuk program satu dokter satu desa. Anggaran yang dimaksud sekitar Rp 140 juta yang akan digunakan untuk menyewa rumah bagi dokter yang akan dipekerjakan di masing-masing desa. ”Ini sudah Februari, tapi belum dieksekusi juga anggaran ini. Berarti program kan belum jalan,” tandasnya.

Menurut Ardianto, tahun ini disepakati akan ada 20 dokter yang dikontrak pemkab untuk melayani masing-masing desa. Banggar dalam hal ini juga belum tahu sampai mana progres program ini. Memang pada 2016 lalu sudah ada empat dokter yang dikontrak untuk menempati desa. ”Kami akan evaluasi per triwulan ini. Kita akan lihat sejauh mana progres program bupati dan wabup ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ardianto berharap seluruh visi misi bupati dan wakil bupati yang vital seperti satu dokter satu desa bisa segera terealisasi. Karena ini untuk kepentingan masyarakat. ”Visi misi ini bagus tapi kalau tidak terealisasi ya sia-sia. Kami berharap 2017 ini bisa dilakukan agar apa yang dijanjikan bisa dirasakan masyarakat,” tandasnya.

Pihaknya dalam hal ini menilai program satu dokter satu desa ini sangat positif, tetapi tidak relevan. Artinya, program ini sangat bagus tetapi melihat kondisi keuangan daerah dan kondisi geografis daerah kurang memungkinkan. ”Tetapi karena ini baik, kami support dari segi penganggaran. Kami akan evaluasi untuk realisasi program-program ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Syamsul Bahri yang akan dikonfirmasi via telepon belum mau berbicara terkait progres program satu dokter satu desa ini. ”Nanti saja di kantor,” tandasnya singkat. (puj/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka