Ketik disini

Selong

Ratusan Hektare Sawah Terendam

Bagikan

SELONGA�– Banjir yang melanda sejumlah wilayah Lombok Timur (Lotim) menyebabkan ratusan hektare sawah yang sudah ditanami terendam. Mulai dari Sambelia, Sembalun hingga di wilayah Lotim bagian selatan seperti Jerowaru. Tanaman yang terendam sebagian besar adalah padi dan jagung.

“Belum bisa kami pastikan apakah banjir itu telah merusak tanaman warga. Karena sebagian besar yang terendam adalah tanaman padi yang merupakan tanaman air. Kalau airnya melimpah itu bagus, tapi kalau kelebihan juga bisa mati,” kata Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Lotim Sahri.

Untuk mencegah kerusakan pada sawah yang terendam, pihaknya telah berkoordinasi dengan kelompok tani untuk membuat parit. Hal ini agar air yang merendam tanaman bisa dialirkan keluar.

Beberapa penyebab terendamnya lahan pertanian milik warga dijelaskan Sahri akibat air hujan yang datang dari dataran yang lebih tinggi seperti pegunungan. Misalnya saja seperti yang terjadi di Sambelia dan Sembalun. Hujan deras menyebabkan air melimpah di atas pegunungan. Vegetasi tumbuhan yang kurang menyebabkan dataran tersebut tidak mampu menahan air hujan di pegunungan.

“Itu yang akhirnya melimpah ke lahan pertanian warga,” bebernya.

Namun, dengan dibangunnya parit nanti, besar kemungkinan tanaman padi para petani dikatakannya tidak akan rusak. “Malah akan jadi lebih baik itu,” ucapnya. Data sementara 226,72 hektare lahan padi warga di Sambelia terendam. Sementara tanaman jagung sekitar 65,3 hektare.

“Kalau yang di Desa Sukadamai Kecamatan Jerowaru sudah tertangani. Disana memang ada kerusakan embung,” tandasnya. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka