Ketik disini

Metropolis

Pemprov Bentuk Tim Rencana Aksi

Bagikan

MATARAMA�– Guna merumuskan langkah penanganan pascabencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB menggelar rapat koordinasi dengan beberapa pihak di Kabupaten Sumbawa, kemarin (19/2).

Pertemuan itu dihadir beberapa instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU), Balai Wilayah Sungai (BWS), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Perumahan , Balai Jalan Nasional, dan Pemda Kabupaten Sumbawa.

Kepala BPBD NTB Muhammad Rum mengatakan, ada beberapa hal yang disepakati dalam rapat koordinasi tersebut. Diantaranya, bupati harus segera membentuk tim rencana aksi bencana Kabupaten Sumbawa. Tim dibagi dalam lima sektor, yakni sektor permukiman , infrastruktur, sosial, ekonomi dan lintas sektor.

Masing-masingA� sektor bertugas menghitung tingkat kerusakan, kerugian dan kebutuhan, dan melakukan rapat koordinasi tingkat kabupaten di bawah koordinasi ketua tim yakni Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu, BPBD NTB akan segera melakukan pendampingan dalam menyusunan rencana aksi tersebut, dengan rakor tingkat provinsi di Mataram. Selanjutnya akan direncanakan rakor tingkat nasional di BNPB Jakarta.

Di bidang perumahan, pemprov akan membantu dana stimulan bagi rumah rusak berat 99 unit. Termasuk di dalamnya rumah yang hanyut dan 88 rumah rusak sedang.

Sementara perumahan di bantaran sungai akan direlokasi. Dananya dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat. Tetapi pembebasan lahannya dilakukan pemerintah daerah setempat.

Sementara di bidang sumber daya air akan dilakukan perbaikan saluran irigasi DAM Mamak dan Batu Bulan. Selain itu juga akan dilakukan normalisasi sungai. Termasuk penguatan tebing dan tanggul sungai.

Ia menyebutkan, banjir Sumbawa beberapa waktu lalu menyebabkan sejumlah sarana prasana terdampak. Diantaranya dua jembatan penghubung antar desa putus, 300 meter talud dan bronjong di tiga sungai rusak. Selain itu, tanaman padi yang terkena banjir juga cukup banyak yakni 4.581 hektare lebih. (ili/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka