Ketik disini

Tanjung

KLU Dapat Jatah Ribuan Blangko

Bagikan

TANJUNG – Lombok Utara mendapatkan jatah ribuan blangko Kartu Identitas Anak (KIA). Sebelum melakukan proses pencetakan KIA ini, Dinas Dukcapil Lombok Utara akan melakukan sosialisasi terlebih dulu ke masyarakat.

Kepala Dinas Dukcapil Lombok Utara Marniati menjelaskan, penerbitan KIA pertama usia 0-5 tahun tanpa foto. Sementara usia 5-17 tahun akan dilengkapi foto.

Ditambahkan, agar penerbitan KIA ini tepat sasaran dan tidak diberikan kepada anak yang hendak membuat KTP, maka pihaknya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Pihaknya mendapatkan jatah penertiban KIA di provinsi NTB setelah Kota Mataram. Karena telah dianggap berhasil mengejar target pembuatan akta kelahiran pada tahun 2016.

Sehingga Kemendagri mengeluarkan keputusan dengan Nomor 471.13-112 Dukcapil Tahun 2017 tentang penetapan kabupaten/kota sebagai pelaksana penerbitan KIA 2017.  Keputusan yang dikeluarkan Kemendagri ini memilih 50 daerah.

Untuk NTB, pada tahun ini Lombok Utara mendapatkan kepercayaan setelah Kota Mataram. ”Ada beberapa pertimbangan Lombok Utara dipilih, misalnya karena persiapan daerah dan keberhasilan daerah dalam mengejar target pembuatan akta kelahiran yang melebihi target nasional tersebut,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Marniati mengatakan, saat ini ada 80 ribu lebih anak berusia 0 hingga 17 tahun. Namun dari jumlah tersebut baru setengahnya yang bisa dicetak dari jatah blangko yang diberikan pusat. ”Sisanya nanti kita yang akan mengadakan blangko. Rencananya pada APBDP,” pungkasnya. (puj/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka