Ketik disini

Headline Sumbawa

Jalan Rusak Saat Dikerjakan

Bagikan

SUMBAWA- Tim BPK saat ini tengah melakukan audit hasil proyek fisik perbaikan jalan anggaran tahun 2016. Seperti diketahui di beberapa titik proyek jalan hotmix tahun lalu mendapat protes warga karena kualitas pengerjaan jalan yang rendah.

Ketua DPD NasDem Sumbawa, H. Asaat Abdullah mengingatkan BPK bisa berlaku adil dan obyketif dalam melakukan penilaian. Karena diyakini, apabila audit benar-benar dilakukan secara maksimal, di banyak titik dipastikan bermasalah. Karena sebagian besar jalan itu rusak dalam waktu pelaksanaan. Bukan pada masa pemeliharaan.

Beberapa titik yang dicontohkan H. Asaat adalah ruas jalan Bage Loka-Gres. Ruas jalan Lantung-Ropang, Brang Rea-Sempe, hingga di daerah Mata Kecamatan Tarano.

“Ini kan kita tahu jalannya rusak dalam waktu pelaksanaan, bukan pada masa pemeliharaan. Sehingga tidak ada alasan yang kuat untuk menjamin kualitasnya baik. Saya tidak ingin mempengharuhi hasil penilaian BPK. Saya hanya berharap BPK bisa berlaku obyektif dan adil. Tidak hanya melihat yang kecil-kecil saja, tetapi secara menyeluruh,” kata H. Asaat.

Di bagian lain dia juga berharap pemerintah daerah bisa bersikap tegas terhadap pelaksana proyek. Bukan hanya memberlakukan denda akibat tidak becusnya hasil pekerjaan. Tetapi juga harus berani memberi sanksi tegas terhadap pelaksana. Bila perlu melakukan blacklist apabila terbukti ada unsure kesengajaan merugikan masyarakat.

Bupati Sumbawa, H.M. Husni Djibril sebelumnya menyatakan komitmennya untuk melihat dengan teliti hasil pegerjaan di tahun 2016 lalu itu. Saat ini bupati bahkan mengaku telah melakukan penyelidikan sebelum membuat kesimpulan ataupun mengambil tindakan. Bupati berjanji akan melakukan sikap tegas jika benar hasil pengerjaan jalan hotmix anggaran 2016 tidak beres. (aen)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka