Ketik disini

Sumbawa

Masa Tanggap Darurat Berakhir

Bagikan

SUMBAWAA�– Masa tanggap darurat bencana di wilayah Kabupaten Sumbawa berakhir pada 27 Februari kemarin. Pasca berakhirnya masa tanggap darurat ini, mulai hari ini hingga satu minggu ke depan menurut wakil bupati Sumbawa, H.Mahmud Abdullah Pemda akan merampungkan data kebutuhan anggaran. Khusus yang digunakan untuk menata kembali semua infrastruktur yang rusak akibat banjir bandang yang terjadi pada 7 hingga 12 Februri lalu di hampir semua kecamatan.

“Saat ini masuk masa transisi hingga satu minggu depan. Di masa transisi inilah kita akan menghitung secara lengkap dan detail kebutuhan anggaran untuk perbaikan. Selanjutnya akan kami sampaikan ke pemerintah pusat untuk dibantu,” kata H. Mo, kemarin(27/2).

Wabup berharap pada masa transisi ini semua pihak bisa bekerja maksimal. Sehingga nantinya bisa lahir data yang akurat dan dan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Karena apabila data yang nantinya dilaporkan tidak maksimal, tentu akan merugikan daerah. Misalnya, untuk perbaikan jembatan, tentu perhitungan anggarannya tidak hanya menghitung jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk jembatan. Tapi tentu ada anggaran ikutan lainnya. Misalnya untuk tanggul dan sejumlah proyek ikutan lainnya yang harus diperbaiki akibat rusaknya jembatan. Begitu juga jalan, tentu harus dihitung hingga drainase dan lainnya.

“Jadi untuk saat ini kami belum bisa sebutkan berapa total anggaran yang dibutuhkan. Karena masih dilakukan perhitungan,” kata wabup yang didampingi kepala dinas PU Sumbawa, Lalu Suharmaji kepada wartawan di ruang kerjanya.

Sesuai data yang ada di Pemda Sumbawa saat ini, total kerugian akibat banjir yang dialami mencapai Rp 147,895 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk kerugian di bidang pendidikan. Misalnya kerugian yang dialami sekolah ataupun para pelajar akibat gedung sekolah yang rusak dan lainnya. (aen/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka