Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Disperin Latih Petani Kopi Lotim

Bagikan

SELONGA�– Dinas Perindustrian (Disperin) NTB melatih petani kopi di Lombok Timur (Lotim). Pelatihan yang melibatkan dua instruktur itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas kopi sehingga dapat bersaing. Lagipula, kopi Lombok dikenal sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia.

Kadisperin NTB Baiq Eva Nurcahyaningsih Parangan mengatakan, pelatihan itu melibatkan 20 petani kopi. Para petani tersebut selama ini mampu menghasilkan jumlah kopi yang banyak tapi membutuhkan pengolahan maksimal.

“Mereka kami ajarkan bagaimana memilih bijih kopi yang baik sehingga dapat tembus pasar nasional,” kata Eva kepada Lombok Post kemarin (28/2).

Lotim dinilai sebagai daerah penghasil kopi yang sangat potensial. Tidak sekadar alamnya yang terkenal, kopi Lotim seperti kopi Sembalun,Sajang, dan kopi asli Krumut juga sudah dikenal banyak orang. Hanya saja, kata Eva, para pengusaha kopi perlu memperhatikan kemasan kopinya.

Dia mencontohkan bagaimana kopi etnik yang sudah tembus pasar nasional. Kopi Etnic merupakan produk usaha kecil menengah (UKM) atau usaha rumahan. Eva menjelaskan kopi tersebut dijual dalam bentuk bubuk berjenis Arabica dan Robusta. Berbekal motto Excellent Taste of Natural Indonesia Coffe,Kopi Etnic mulai membuka usaha kedai kopi pada bulan Agustus 2014.

“Maka itu kami melibatkan instruktur dari kopi etnik yang sudah berpengalaman mengolah kopi sekaligus sukses dalam memasarkannya,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya akan berupaya memberikan peralatan untuk mengolah kopi demi memperoleh kopi berkualitas. Begitu juga dengan teknik pengadaan yang benar-benar menuai daya pikat tinggi.

Dia berharap para petani dan pengerajin kopi di Lotim dapat menularkan ilmunya kepada rekan-rekan mereka. Pelatihan serupa akan dilanjutkan ke daerah-daerah lainnya di NTB. Nantinya, Disperin akan melakukan pelatihan kopi organik, yaitu kopi yang diolah dengan sistem organik baik sejak ditanam hingga panen. (tan/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka