Ketik disini

Giri Menang Headline

KPU Mulai Sortir Logistik

Bagikan

GIRI MENANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mulai melakukan penyortiran terhadap logistik untuk keperluan dua hajatan besar Pilgub dan Pilbup 2018 mendatang.

Pendataan ulang logistikA� tersebut mulai dilakukan untuk kotak suara dan bilik suara. Meski pengadaan dua logistik tersebut saat ini mencukupi, namun pihak KPU Lobar ingin memastikan kembali dalam kondisi aman.

Komisioner KPU Lobar Divisi Bagian Umum dan Logistik Marlan menjelaskan, berdasarkan rekapitulasi hasil pelaksanaan pemeriksaan fisik atau stock opname kotak suara dan bilik suara periode semester I tahun 2016, kebutuhan logistik jauh dari cukup.

Jumlah kotak suara sebanyak 8.727. Rinciannya, kondisi baik 6.911, rusak ringan 279, rusak berat 722, dan hilang 815. Sedangkan jumlah bilik suara sebanyak 10.040. Yang kondisi baik 7.030, rusak ringan 65, rusak berat 76, dan hilang 2869.

“Sekarang ini belum final berapa sebenarnya yang pasti baik dan rusak,” terangnya.

Jika saja nanti hasil pendataan ulang, ditemukan kerusakan dan kekurangan, pihaknya kata Marlan, akan mengadakan pengadaan kembali.

“Kita laporkan ke pusat tapi yang ril masih didata dan penempelan lebel. Tapi insya Allah kebutuhan besok cukup,” tegasnya.

Disinggung apakah yang rusak dan hilang akibat dipinjamkan saat pilkades serentak Lobar 7 Desember 2016, Marlan menyebut tidak itu saja. Kotak suara dan bilik suara hilang setelah dipinjamkan ke kabupaten/kota lain seperti SumbawaA� dan Lombok Utara.

Marlan menjelaskan, sesuai petunjuk PKPU dan Undang-Undang tetang Pemilihan Umum, pengadaan kotak suara maupun bilik suara bisa menggunakan plastik atau karton. Nantinya, per Tempat Pemungutan Suara (TPS) disiapkan dua kotan dan dua bilik.

“Sementara inu sudah siap, namun ada kekhawatiran makanya perlu disortir,” tandasnya lagi. (zen/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka