Ketik disini

Sumbawa

Pemadam Kebakaran Harus Bekerja Maksimal

Bagikan

TALIWANG — Bupati  Sumbawa Barat  Dr H Musyafirin dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin turun tangan langsung memadamkan kobaran api yang muncul di kompleks Kemutar Telu Center (KTC).  Keduanya terlihat cekatan medamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) milik Dinas Pemadam Kebakaran. Mengenakan seragam pelindung khusus, keduanya hanya butuh waktu beberapa menit untuk mengendalikan kobaran api.

Hal tersebut merupakan bagian dari simulasi pemadam kebakaran menggunakan APAR dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Damkar ke-98 yang dipusatkan di halaman kantor bupati, kemarin (6/3). Baik bupati dan wabup sendiri berkesempatan mendapatkan simulasi langsung cara memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan.

‘’Kita harap Damkar KSB lebih profesional. Terutama bagaimana menanggani musibah kebakaran. Sesuai dengan sombayan mereka, pantang pulang sebelum padam, itu harus dilaksanakan dengan baik,’’ harap Bupati Sumbawa Barat Dr H Musyafirin.

Bupati meminta, Damkar KSB lebih maksimal menjalankan tugasnya. Pemerintah meminta Damkar lebih intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik itu tentang tugas Damkar, termasuk memberikan pelatihan langsung kepada masyarakat tentang bagaimana melakukan tindakan ketika terjadi kebakaran.

 ‘’Profesionalitas anggota juga kami minta ditingkatkan. Jangan sampai malah masyarakat lebih pintar ketimbang petugas Damkar,’’ ujarnya.

Sebagai SKPD baru, Pemda KSB mulai tahun depan akan menyediakan sarana dan prasarana pendukung. Baik itu pembangunan kantor baru maupun pembangunan sarana pendukung untuk alat-alat yang dimiliki saat ini.

‘’Kita akan bangun kantor baru. Ini menjadi prioritas kita, karena memang hampir semua alat Damkar ini memerlukan sarana dan perawatan khusus. Karenanya diperlukan tempat yang memadai,’’ ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga berjanji akan terus meningkatkan kemampuan peralatan Damkar KSB. Penambahan fasilitas pendukung menjadi sebuah keharusan, mengingat luasnya wilayah KSB sendiri.

‘’Perlahan akan kita upayakan penambahkan fasilitas. Tentu saja, diikuti peningkatan kapasitas dan kemampuan petugas damkar,’’ katanya. (far/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka