Ketik disini

Headline Sumbawa

Pemerintah KSB Evaluasi Investasi

Bagikan

TALIWANG – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP)  akan mengevaluasi tahapan kegiatan rencana investasi perusahaan yang telah mendapat izin dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Karena  sejak diberikan izin, sejumlah perusahaan hingga kini tidak melaporkan perkembangan tahapan kegiatan investasi.

Kepala DPMPPTSP Hajamuddin mengatakan, hingga tahun 2017 ini terdapat  40 perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang telah mengantongi izin  investasi. Namun,  dalam perkembangannya, sejumlah perusahaan terindikasi tidak melaksanakan kegiatan sesuai dengan rekomendasi izin yang telah diterbitkan oleh pemerintah.

Untuk memastikannya, dalam waktu dekat ini dinas akan memanggil  semua perusahaan pemegang izin. Itu  dilakukan untuk mengetahui, secara pasti kendala yang dihadapi setiap perusahaan sehingga tidak merealisasikan rencana investasinya. Termasuk akan meminta Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) setiap perusahaan.

Jika dalam laporan terkendala masalah perizinan, Pemda KSB berupaya akan memfasilitasi. Sebaliknya, jika rencana investasi terkendala modal, pemerintah akan mempertimbangkan kelanjutan rencana  investasi tersebut.  Bahkan, tidak menutup kemungkinan pemerintah akan mencabut izin untuk dikembalikan ke daerah. Menurutnya, masih banyak  calon investor yang ingin menanamkan modalnya di KSB.

‘’Kita akan memberikan rekomendasi terhadap perusahaan yang serius,’’ katanya.

Memang katanya, pemerintah menyadari investor mengeluhkan masalah proses izin. Namun, hal itu  dipandang hanya sebagai alasan  investor. Karena aturan proses izin, telah ditetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemerintah. Tinggal sekarang yang bersangkutan serius atau tidak mempercepat izin.

‘’Kita mulai tekankan setiap perusahaan segera merealisasikan rencana investasi. Kalau tidak bisa melaksanakan sesuai tahapan kita akan tindak,’’ katanya. (is/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka