Ketik disini

Selong

Siapkan Masbagik Utara Baru Jadi Desa Wisata dan Kuliner

Bagikan

Sejumlah desa di Lombok Timur (Lotim) dianugerahi potensi sumber daya alam dan manusia yang melimpah. Salah satunya yakni di Desa Masbagik Utara Baru

***

Siapa yang tak kenal Dusun Tanaq Maiq? Salah satu lokasi yang terkenal dengan sajian kulinernya. Meski berada di pedalaman, para tamu atau wisatawan yang datang ke Lotim selalu menyempatkan diri mampir ke sejumlah Lesehan yang ada di Dusun Tanaq Maiq. Tentu saja karena mereka tak ingin melewatkan sajian menu ayam bakar, ikan bakar hingga pelecing kangkung khas warga Desa Masbagik Utara baru ini.

Ya, Masbagik Utara Baru adalah desa dimana sejumlah Lesehan Dusun Tanaq Maiq berada. Sehingga, ini dinilai Khaerul Ihsan Kades yang baru terpilih dalam Pilkades serentak 2016 lalu,sebagai potensi bagi desa.

 Keberadaan sejumlah Lesehan di Tanaq Maiq menurutnya akan memberi ciri khas bagi Desa. Sehingga ini akan terus dipertahankan dan diberdayakan. Sebagai salah satu bentuk dukugan terhadap hal ini, Kades mengaku tahun 2017 ini akan menyiapkan sejumlah pembangunan infrastruktur jalan. Dimana program prioritas di tahun 2017 adalah pembangunan jalan dusun dan akses jalan ke tempat wisata kuliner dan destinasi wisata alam.

“Karena bagaimanapun juga, akses jalan yang bagus akan menjadi salah satu penopang pembangunan di segala sektor,” jelasnya.

Selain memaksimalkan potensi desa Masbagik Utara Baru sebagai wisata Kuliner, Khaerul mengaku juga menyiapkan desa ini sebagai salah satu tujuan pariwisata di Lotim. Yakni dengan mengandalkan daya tarik air terjun Pancor Koponng yang masih alami.

¬†“Air terjun ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Ini masih alami dan belum mendapat perhatian. Di periode saya yang kedua menjadi Kades ini, potensi ini yang ingin saya maksimalkan,” janji Khaerul.

Potensi ini diharapkan mampu menggeliat sehingga berdampak bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Khususnya dampak ekonomi kreatif yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita sadar untuk mengembangkan potensi wisata itu harus diakukan dengan serius dan terfokus. Ini yang nanti akan kami koordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi,” jelas pria dua anak tersebut.

Selain fokus pada pengembangan destinasi wisata dan wisata kuliner, Khaerul juga menjelaskan tak akan mengenyampingkan perhatiaan pada bidang pertanian yang menjadi sumber peghidupan masyarakat Masbagik Utara Baru.

Karena, 95 persen warga dijelaskannya merupakan petani. 5 persen sisanya baru pedagang, pegawai dan pekkerja lainnya.

“Khusus untuk bidang pertanian, kami telah menyiapkan BUMDes yang bisa menunjang usaha pertanian masyarakat. Mulai dari usaha simpan pinjam, hingga peyediaan pupuk bagi petani, ” terang pria kelahiran 1968 ini.

“Ke depan kami jga akan berupaya membantu petaani untuuk pemasaran dan meningkatkan nilai hasil produk pertanian melalui BUMDes ini,” tandasnya. (HAMDANI WATHONI/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka