Ketik disini

Pendidikan

UKK Syarat Kelulusan

Bagikan

MATARAM – Uji Komptensi Keahlian (UKK) menjadi syarat kelulusan di SMKN 8 Mataram. UKK wajib diikuti siswa jika ingin lulus.

“Bagaimana mau lulus jika siswa tidak UKK,” kata Pengawas Pembina SMKN 8 Mataram Hj Nurhasanah, Sabtu (4/3).

Ia menuturkan, UKK ini soalnya langsung dari pusat. Setiap SMK baik negeri maupun swasta diberikan waktu melaksanakan UKK mulai 20 Februari sampai 18 Maret 2017.

“Tinggal pilih tanggal mana untuk melaksanakan UKK.

Jangan sampai lewat pada waktu ditentukan,” imbuh perempuan berjilbab ini.

Sebanyak 121 siswa SMKN 8 Mataram mengikuti UKK di sekolah setempat. Rinciannya, jurusan keperawatan 83 siswa dan jurusan farmasi sebanyak 38 siswa.

Pada UKK tim penguji bukan hanya dari internal saja, namun juga dari eksternal.

Untuk jurusan farmasi tim penguji dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) NTB, sementara jurusan keperawatan melibatkan RSUD Kota Mataram.

Adapun yang diujikan meliputi bagaimana membuat puyer atau mencampur obat-obatan untuk jurusan farmasi. Sedangkan jurusan keperawatan siswa mendeteksi gejala-gejala penyakit, bet making, dan medical Check Up. “Alhamdulillah ujiannya lancar.

Semua siswa bisa melaksanakan UKK dengan baik,” ujarnya.

Kepala SMKN 8 Mataram Kun Andrasto me­nga­takan, UKK program keahlian keperawatan ke­se­hatan wajib diikuti setiap siswa karena merupakan salah satu syarat untuk me­ngi­kuti ujian nasional teori April mendatang. Menurutnya,  setelah siswa selesai ujian kom­pe­tensi, bagi yang lulus diberi­kan sertifikat uji kom­petensi oleh lembaga yang menye­leng­garakan uji kom­petensi.

Untuk penguji eksternal, sekolah bekerja sama dengan RSUD Kota Mataram dan PAFI NTB. Sedangkan untuk asesor internal jelasnya,  guru SMK yang telah me­ngan­tongi sertifikat ase­sor dari LSP di­ba­wah Badan Nasional Stan­dar Pen­didikan (BNSP).

Sementara  itu Waka Kurikukum SMKN 8 Mataram Rubianto  menga­ta­kan, untuk paket UKK soalnya dari BNSP. SMKN 8 Mataram mengambil paket soal yang berbeda dengan SMK kesehatan lainnya.

Laporan dari penguji eksternal, hasil ujian kompetensi yang dilakukan siswa dua jurusan ini sudah me­nun­juk­kan cukup baik. (jay)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka