Ketik disini

Headline Sumbawa

Bayi Lahir tanpa Batok Kepala

Bagikan

SUMBAWA– Seorang bayi asal Desa Tengah, Kecamatan Utan, Selasa (7/3) malam terlahir tanpa batok kepala. Bayi pasangan Bahtiar dan Mahnun ini kemudian dilarikan ke RSUD Sumbawa.

Menurut informasi yang dihimpun Radar Sumbawa (Lombok Post Group), bayi itu lahir dengan bantuan bidan di Puskesmas Utan. Awalnya, dokter yang menangani bayi itu mengatakan bahwa tidak bisa dilakukan penanganan di puskesmas. Kedua orang tua pasrah dengan kondisi anaknya yang seperti itu.

Kemudian dibuatlah surat penolakan rujukan. Informasi ini beredar dengan cepat. Akhirnya ada yang memposting foto bayi malang itu ke media sosial. Tidak lama, seorang perwakilan salah satu LSM yang peduli dengan bayi itu menemui dokter di puskesmas.

Dokter dan bidan mengatakan bahwa masih ada upaya yang bisa dilakukan untuk membantu bayi tersebut. Perwakilan LSM itu kemudian diminta untuk memberikan edukasi kepada orang tua bayi. Dalam hal ini, diberikan edukasi bahwa bayi itu bisa diselamatkan. Akhirnya, orang tua bayi itu bersedia anaknya dirujuk ke RSUD Sumbawa.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dikes) Sumbawa dr Hj Nieta Aryani mengatakan, bayi tersebut diduga menderita anenchepali. Yakni gangguan cephalic yang dihasilkan dari cacat pada tabung saraf yang terjadi pada waktu rostral (kepala) bagian akhir dari tabung saraf gagal menutup. Hal ini mengakibatkan sebagian besar dari otak, tengkorak dan kulit kepala tidak ada.

Setelah beberapa jam dirawat di RSUD Sumbawa, akhirnya bayi malang itu, meninggal dunia. Jasadnya kemudian dbawa pulang kembali ke Kecamatan Utan untuk dimakamkan. (run/jar/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka