Ketik disini

Dialog Jum'at

Pasca-Kunjungan Raja

Bagikan

Assalaamua��alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah Rabbul Alamin, pencipta dan penguasa jagat raya ini, atas semua nikmat dan karunia-Nya, terutama sekali nikmat iman dan islam. Selawat dan salam kepada Rasulullah saw, juga kepada keluarga dan sahabat-sahabat beliau.

Pembaca Rahimakumullah

Setelah kunjungan baginda raja kerajaan Saudi Arabia ke Indonesia, tentu sangat diharapakan pengaruhnya dalam jangka waktu lama. Terutama sekali yang ada kaitannya dengan hal-hal yang telah disepakati oleh kedua pemimpin negara tersebut seperti masalah haji, pendidikan, dan dakwah, termasuk soal ekonomi, dan lain-lain.

Kesepakatan tersebut tidak hanya di atas kertas, tetapi yang sangat mendasar adalah bagaimana pelaksanaannya di lapangan, juga sangat tergantung kepada pelaksanaan-pelaksanaan teknis dan operasionalnya. Karena sebagus apapun suatu kesepakatan atau program, apabila tidak diwujudkan dalam kehidupan nyata, maka tidak lebih dari sekedar mimpi.

Untuk itu, oleh masing-masing pihak dari kedua negara tanpa henti untuk mengingatkan pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk mewujudkan amanah tersebut menjadi kenyataan yang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak pada kedua negara yang sudah terjalin beratus tahun itu.

Pembaca Rahimakumullah

Mungkin banyak pihak yang merasa kurang puas terhadap hasil kesepakatan tersebut karena jumlahnya dianggap belum sesuai dengan perimbangan jumlah jamaah haji dan umrah dari Indonesia yang sangat besar, bahkan terbesar di seluruh dunia setiap tahunnya bila dibandingkan dengan negara-negara Islam lainnya.

Perasaan tersebut cukup beralasan bila kita melihatnya dari satu sisi saja. Tetapi sebenarnya menurut hemat saya, keuntungan kedua belah pihak cukup berimbang, kerja sama tersebut penulis tidak melihatnya secara formal saja antara kedua pemerintahan, tetapi kita harus melihatnya secara menyeluruh; seperti berapa banyak warga kita yang bekerja sebagai TKI/TKW yang resmi dan tidak resmi (yang sangat besar), berapa banyak bantuan masjid, musala, madrasah, pondok pesantren yang dibangun oleh perorangan warga Saudi ke perorangan dan lembaga-lembaga pendidikan dan dakwah di Indonesia. Jumlahnya sangatlah banyak, ada yang ingin disebutkan namanya ada yang tidak.

Sepanjang pengetahuan penulis, jarang sekali warga saudi menyumbang sebagian, tapi umumnya, untuk bangunan semisal madrasah, masjid, adalah 100% murni dari perorangan. Demikian pula dengan tenaga kerja yang jumlahnya di atas satu juta jiwa dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak.

Tentu yang kita harapkan setelah kunjungan tersebut adalah hubungan yang sudah terjalin kuat itu akan menjadi lebih kokoh, manfaatnya menjadi lebih besar dan mendalam ke akar-akar hati rakyat.

Pembaca Rahimakumullah

Sekecil apapun manfaat yang kita rasakan, penulis yakin bahwa kedatangan raja tersebut dampaknya pasti akan sangat luas ke bermacam-macam sektor kehidupan, moril maupun materil, untuk itu, mari kita siap lahir batin untuk dapat menangkap manfaat tersebut saat ini dan untuk masa yang akan datang.

Semoga Allah azza wajalla senantiasa menolong umat Islam dimanapun mereka berada. Amin (r8)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka