Ketik disini

Metropolis

Capaian Memuaskan, Karcis Bermasalah

Bagikan

MATARAM – Penerimaan parkir ke kas daerah menunjukkan tren positif. Hingga akhir Februari saja, Pemkot Mataram mampu meraup pemasukan bersih hingga 20 persen dari target Rp 1,5 miliar yang dipatok harus masuk kas daerah.

“Capaian itu sudah sangat baik,” kata Kepala UPTD Perparkiran Kota Mataram Kanesti Cahya Kartika.

Jika dirata-ratakan, artinya dalam satu bulan ada pemasukan hingga Rp 150 juta, setara 10 persen dari target penerimaan bersih. Jika pemasukan ini stabil selama 12 bulan, artinya akan ada pemasukan hingga Rp 1,8 miliar. Lebih tinggi Rp 300 juta dari target awal.

“Semoga saja bisa lebih dari target, ini trennya sedang bagus,” katanya penuh keyakinan.

Yang masih menjadi catatan dari UPTD Perparkiran adalah terkait ketiadaan karcis parkir hingga saat ini. Petugas di lapangan belum ada yang rutin memberikan karcis sebagaimana aturan memerintahkan.

Implikasi dari itu jelas, daerah tak bisa mengetahui secara pasti pemasukan yang sebenarnya. Target kotor Rp 5 miliar yang sudah dipatok juga menjadi samar.

Pemkot Mataram kini hanya bisa fokus pada target bersih Rp 1,5 miliar saja. “Ini karena kendala teknis di lapangan,” kata Kadis Perhubungan Kota Mataram H Khalid melalui Sekretarisnya Cukup Wibowo.

Terkait karcis, dikatakan terus diberikan pada petugas. Mereka juga terus diingatkan untuk selalu memberikannya pada pemilik kendaraan. Namun kondisi di lapangam diakuinya belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Masyarakat yang diharapkan mau meminta juga mulai menerima kondisi tersebut.

“Yang patut disyukuri adalah realisasi dari target yang masuk ke kas daerah itu sudah bagus, melebihi ekspektasi awal,” katanya.

Hal itu yang akan terus dikawal, agar saat tutup buku di akhir tahun, penerimaan dari parkir benar-benar bisa mencapai target. Bahkan melebihinya. “Itu yang kita kejar sekarang,” tutupnya. (yuk/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka