Ketik disini

Headline Metropolis

Gubernur Minta Pengelola Rinjani Serius Penuhi Semua Rekomendasi UNESCO

Bagikan

MATARAM – Pemprov NTB merasa masih punya peluang besar untuk menggolkan Rinjani sebagai geopark dunia. Tapi kuncinya ada di badan pengelola Geopark Rinjani sendiri. Bila berhasil menjawab 10 rekomendasi, maka UNESCO akan meloloskan. Tapi bila tidak, maka pupuslah harapan NTB.

 Untuk itu, Gubernur NTB TGB HM Zainul Majdi meminta kepada seluruh jajarannya, khususnya badan pengelola Geopark Rinjani untuk menyeriusi semua rekomendasi yang diberikan UNESCO. Karena hanya dengan itu Rinjani akan semakin mendunia. ”Kita benani (sesuai) rekomendasi yang diberikan itu,” katanya.

Ia menegaskan, pemprov sangat serius untuk memperisapkan Rinjani sebagai geopark dunia. Sehingga semua rekomendasi akan diperhatikan dan ditangani satu per satu dengan semaksimal mungkin. ”Tidak boleh ada target lain selain harus sukses,” tegasnya.

Jika mengambil pelajaran dari Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu di Jawa Tengah yang tidak langsung lolos, tetapi melalui perbaikan. Maka TGB merasa optimis Rinjani masih memiliki peluang besar untuk itu.

Ada 10 rekomendasi, antara lain membuat MoU dengan perguruan tinggi, memasukkan geopark ini masuk dalam kurikulum di sekolah-sekolah, untuk semua itu pengelola tinggal membuat kesepakatan dengan perguruan tinggi saja. Bahkan dalam Musrenbang 2017 beberapa waktu lalu MoU dengan Universitas Mataram dan Universitas Muhammadiyah sudah diteken Gubernur NTB bersama dua perguruan tinggi tersebut.

Tapi rekomendasi yang lain berat adalah membuat kajian perbedaan Gunung Rinjani dengan geopark dunia Gunung Batur di Bali. Pengelola diminta menjelaskan secara detail apa saja keunggulan dan ciri khas yang membedakan Gunung Rinjani dengan Gunung Batur, sebab jaraknya cukup dekat.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Subdid Geologi Dasar dan Terapan Badan Geologi Nasional Haris Kusworo mengatakan, jadi atau tidaknya Rinjani sebagai global geopark sangat tergantung keterampilan badan pengelola Geopark Rinjani untuk menjawab semua perbaikan yang diminta. Jika dilakukan dengan serius sesuai permintaan UNESCO, maka Rinjani bisa langsung ditetapkan sebagai taman dunia. (ili/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka