Ketik disini

Ekonomi Bisnis Headline

Penyerapan Beras Bulog Baru 12 Persen

Bagikan

MATARAM – Bulog Divre NTB menargetkan pengadaan beras kali ini bisa tembus 184.475 ton. Namun sejauh ini pengadaan beras baru mencapai sekitar 12 persen dari target tersebut.

”Pengadaan beras sampai dengan saat ini sejumlah 20.265 ton,” kata Kepala Bulog Divre NTB Achmad Ma’mun didampingi Humas Syawaludin Susanto kemarin.

Ia menerangkan, walaupun pengadaan masih kurang dari 20 persen, namun stok beras saat ini sudah mencapai 36.729 ton. Angka ini mampu memenuhi kebutuhan selama lima bulan ke depan untuk kebutuhan rasta , CBP, dan golongan anggaran.

“Karenanya dipastikan stok beras jelang Ramadan dan Lebaran nantinya masih mencukupi,” terangnya.

Saat ini Bulog Divre NTB berada dalam posisi enam besar di nasional dalam jumlah pengadaan maupun persentase penyerapan beras. Pengadaan dengan pada periode yang sama pada tahun ini lebih tinggi dari pengadaan pada periode sama dengan tahun lalu 2016 pada posisi mencapai 14.838 ton.

”Ini berarti menandakan pengadaan setiap tahunnya mengalami peningkatan,” jelasnya.

Dalam waktu dekat ini, sejahtera beras sudah mulai disalurkan yaitu Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat. Penyaluran ini akan terus diupayakan tepat waktu dan sasaran.

Pagu beras sejahtera tahun ini sejumlah 6.620 ton untuk sembilan kabupaten/kota. Sedangkan untuk Kota Mataram sendiri sudah menggunakan program BPNT.

”Harapan kami dengan sudah mulai didistribusikannya rastra dapat menekan harga beras di pasaran. Sehingga tidak terjadi gejolak harga apalagi memasuki bulan Ramadan dan Lebaran nantinya,” tandasnya. (nur/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka