Ketik disini

Metropolis

Anak Baru Lahir, Langsung Dapat Tiga Dokumen

Bagikan

MATARAM – Pemkot Mataram kembali berinovasi. Kini pemerintahan di bawah kendali Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh itu melakukan terobosan terkait perlindungan dan pemenuhan hak konstitusi anak. Khususnya dalam bidang administrasi kependudukan.

“Mulai hari ini, anak yang baru lahir di Mataram akan langsung dapat tiga dokumen kependudukan,” kata Kadis Dukcapil Kota Mataam H Ridwan, kemarin.

Tiga dokumen yang dimaksud mencakup Kartu Keluarga (KK) baru dengan penambahan nama si anak yang baru lahir. Selanjutnya, ada juga akta kelahiran, ketiga Kartu Identitas Anak (KIA) juga turut diperoleh.

Kini, bagi anak Mataram yang lahir di 11 Puskesmas yang ditentukan, plus RSUD Kota Mataram, surat-surat tersebut akan langsung diproses dan diterima secara cuma-cuma.

Lebih lanjut Ridwan menerangkan, secara nasional sesuai target yang ditetapkan pada RPJMN, tahun ini Indonesia harus mencapai 80 persen cakupan surat-surat anak. Faktanya, untuk kasus Mataram kepemilikannya sudah mencapai 91 persen. Angka itu bahkan jauh lebih tinggi dari target 2019 yang dipatok 85 persen. LKita terus berinovasi untuk anak-anak Mataram,” ujarnya.

Penandatangan MoU antar tiga OPD meliputi Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, dan RSUD Kota Mataram adalah terobosan terbaru yang dilakukan. Sebelumnya, pihaknya juga melakukan pelayanan keliling dengan sistem jemput bola.

Pelayanan yang disebutnya makin cepat dan mudah juga menjadi alasan lain banyaknya anak-anak Mataram yang memiliki kelengkapan dokumen kependudukan. Ditambah kesadaran warga yang tinggi, jadilah capaian-capaian menggembirakan itu bisa diraih.

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menyambut baik MoU yang ditandatangani tersebut. Ia menegaskan pemenuhan hak anak adalah bagian dari komitmen Pemkot Mataram yang pasti ditunaikan. ”Teruslah tingkatkan kinerja,” pesannya pada tiga OPD itu.

Setelah penandatanganan MoU tersebut, ia berpesan ada petugas khusus yang nantinya benar-benar bertugas di Puskesmas dan rumah sakit. Dengan demikian, apa yang dihajatkannya untuk warga Mataram dapat tercapai. “Mari bekerja sesuai target yang ada,” pesannya. (yuk/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka