Ketik disini

Tanjung

Pemkab Lombok Utara Mau Ngutang di SMI

Bagikan

TANJUNG-Guna mempercepat pembangunan infrastruktur di Lombok Utara, pemkab berencana meminjam anggaran dari salah satu BUMN yakni PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur). ”Peminjaman daerah ini upaya pemerintah pusat untuk bisa memberikan pendampingan kepada daerah yang ingin mempercepat infrastrukturnya,” ujar Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar menjawab pertanyaan Lombok Post saat memberikan keterangan pers, kemarin (15/5).

Dijelaskan, peminjaman daerah ini tentu memiliki syarat yang harus dipenuhi. Syarat tersebut antara lain memiliki catatan keuangan yang baik dan tidak memiliki pinjaman di bank daerah, pusat ataupun lembaga donor lainnya. ”Alhamdulillah dari dua syarat itu, Lombok Utara memiliki peluang pinjaman,” katanya.

Menurut Najmul, ini masih rencana yang akan dilakukan pemkab. Sehingga berapa anggaran yang akan dipinjam masih belum ditentukan. Karena dalam hal ini, pemerintah juga harus berdiskusi dengan DPRD.

Pinjaman daerah ini dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur. Karena banyak daerah lain yang sudah mengajukan pinjaman ini dan hasilnya terlihat luar biasa. Bahkan ada daerah yang dari segi PAD sangat mampu tetapi juga melakukan peminjaman. ”Kenapa kita tidak manfaatkan peluang ini sementara pemerintah pusat memberikan peluang,” tandasnya.

Ditambahkan, mengenai sasaran pembangunan infrastruktur dengan dana ini juga belum ditentukan. Namun inilah salah satu cara untuk mempercepat pembangunan di daerah. ”Jadi berapa angkanya belum kita sebutkan. Yang jelas ini ada peluang dan akan dimanfaatkan atau tidak perlu didiskusikan bersama termasuk dengan DPRD,” katanya.

Lebih lanjut, Najmul mengatakan, presiden juga sudah memberi arahan dengan adanya keterbatasan anggaran infrastruktur. Sehingga pemerintah pusat memberikan ruang seluas-luasnya bagi daerah untuk menjalin kerja sama dengan pihak ketiga. Untuk itu, presiden menerbitkan Perpres 38 Tahun 2015 tentang KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha). ”Kalau ini tidak kita manfaatkan berarti ini kita tidak pandai memanfaatkan peluang,” pungkasnya. (puj/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka