Ketik disini

Metropolis

10 Ton Bawang Putih Jawa Timur Akan “Serbu” NTB

Bagikan

MATARAM-Sebanyak 10 ton bawang putih dari Jawa Timur akan menyerbu pasar NTB. Masuknya komoditi bawang itu merupakan kebijakan pemerintah pusat melalui Bulog untuk menyetabilkan harga bawang di NTB jelang Lebaran. ”Karena untuk menyetabilkan itu memang harus ada intervensi, biar tidak langka bawang putih,” kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB Hj Putu Selly Andayani, Rabu (31/5).

Harga bawang putih lokal di NTB mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih dari luar Rp 40 ribu hingga Rp 45 ribu per kilogram. Dengan masuknya 10 ton bawang putih itu, selama dua minggu akan dicoba dijual dengan harga Rp 38 ribu. Tujuannya agar masyarakat mendapatkan bawang murah menjelang Lebaran. Sehingga harga bisa ditekan jelan perayaan Idul Fitri. ”Kalau bisa harga bisa turun, itu (bawang putih Bulog) distop,” kata mantan penjabat Wali Kota Mataram itu.

Selly mengklaim, harga dan stok sembako NTB sekarang sudah aman. Hal itu dibuktikan dengan pasar murah yang dilakukan beberapa waktu lalu. Saat ini harga bawang putih berada di angka Rp 43 ribu di pasar, cabai rawit juga sudah turun. Dengan masuknya bawang putih dari Bulog maka akan bisa meredam kenaikan harga.

”Kalau sudah bawang putih, cabai turun, aman kita,” tandasnya. (ili/r7)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka