Ketik disini

Selong

Air PDAM Siap Mengalir ke Selatan Lotim

Bagikan

SELONG – Harapan masyarakat Lombok Timur (Lotim) untuk menikmati air bersih dari PDAM bakal segera terwujud. Saat ini pipa instalasi air baku telah mulai ditanam dari Bendungan Pandanduri ke wilayah Sakra Barat. Setelah pemasangan pipa selesai, air terlebih dulu ditampung  di Sakra Barat. Baru kemudian disalurkan ke seluruh wilayah yang ada di bagian selatan  Lotim.

“Insya Allah pemasangan pipanya selesai akhir tahun, sehingga awal tahun masyarakat sudah bisa menikmati airnya,” kata Manajer Umum dan SDM PDAM Lotim Rusdi.

Pembangunan jaringan air bersih dari bendungan Pandanduri ini merupakan proyek BWS bekerjasama dengan Pemkab Lotim dalam hal ini PDAM. Dimana PDAM nantinya akan bertugas untuk mengoperasikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang akan dibangun setelah pemasangan pipa utama selesai.

Rencananya pipa ini dipasang sampai bak penampungan yang ada di depan Polsek Sakra Barat. Karena dari lokasi tersebut dikatakan Rusdi sudah terdapat bak penampungan sementara. Diman, dari bak tersebut air bersih yang telah diolah akan diteruskan melalui jaringan pipa PDAM yang sudah ada di wilayah Selatan seperti Kecamatan Jerowaru. “Tinggal diujungnya saja ini yang ditanam (pipa, Red), kalau dari Pandanduri semua sudah beres. Debit airnya juga Insya Allah mencukupi,” ucapnya.

Selain mengambil sumber air dari Pandanduri rencananya PDAM juga akan memanfaatkan sumber air dari Kali Sordang. Ini untuk mengantisipasi seandainya debit air yang ada di wilayah Pandanduri tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di wilayah Selatan.

Terpisah, sejumlah warga Kecamatan Jerowaru mulai mengeluhkan kekurangan air bersih. Padahal, ketika bulan puasa kebutuhan air bersih sangat dibutuhkan warga untuk menjalankan ibadah serta kebutuhan untuk mandi, memasak hingga minum. “Kalau di sini sudah mulai kering mas, terpaksa kami harus beli air kalau sudah seperti ini,” tutur Rohadi, warga Desa Sekaroh. Kalaupun ada air sumur, warga mengaku air tersebut payau tak bisa digunakan untuk kebutuhan masak, atau minum. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka