Ketik disini

Ekonomi Bisnis

Dinas Perdagangan Tata Pasar Kuliner

Bagikan

MATARAM-Bisnis kuliner berkembang saat Ramadan. Para penjual takjil dan makanan dadakan, bermunculan.

Dinas Perdagangan Kota Mataram menilai, aktivitas usaha kuliner ini merupakan peluang untuk menggerakan ekonomi masyarakat. Karenanya pihak Dinas Perdagangan mendukungnya. Salah satunya dengan membentuk pasar Ramadan.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Lalu Alwan Basri saat ini ada lima titik pasar Ramadan yang sudah ditata. Seperti di Pasar ACC, Pasar Kebon Roek, Pasar Rembiga, Pasar Cakranegara, dan Pasar Mandalika.

”Target kami tahun depan tambah dua titik lagi, yaitu di Pasar Karang Sukun dan Pasar Dasan Agung,” katanya.

Dia berharap, aktivitas bisnis kuliner terpusat di pasar-pasar tersebut. Pihaknya berkomitmen untuk terus menata, bahkan menambah daya tampung pasar.

”Penataan ini bertujuan agar aktivitas bisnis kuliner selama Ramadan bisa aman dan tidak mengganggu lalu lintas, sehingga masyarakat yang berbelanja juga nyaman,” ujarnya.

Ia menjelaskan awalnya tahun ini pasar Ramadan dipusatkan di Jalan Flamboyan. Namun sejauh ini belum bisa direalisasikan.

”Nanti akan ada ikon pasar kuliner Kota Mataram di setiap titik pasar yang telah ditentukan,” tandasnya.

Sementara itu, sejumlah pedagang makanan mengaku bisa meraih untung besar selama Ramadan. Riani, seorang pedagang takjil yang membuka lapak di Jalan Airlangga mengaku awalnya menggelar dagangan sekadar iseng mengisi waktu luang. Namun, ternyata keuntungan yang diperolehnya cukup besar, sehingga dia menjadi lebih serius menggembangkan bisnisnya.

”Biasanya makanan yang saya jual sebelum buka puasa sudah habis terjual, kalau pun masih ada biasanya sedikit,” terangnya. (nur/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka