Ketik disini

Sumbawa

Belanda Bantu Kota Bima Atasi Kebersihan

Bagikan

KOTA BIMA-Beberapa tahun lalu, Pemerintah Kerajaan Belanda memberikan bantuan pada pemerintah Kota Bima. Bantuan itu berupa penanganan sanitasi melalui Y Consultan.

Tahun ini Kota Bima kembali mendapat bantuan dari Belanda. Bantuan kali ini berupa anggaran untuk penguatan pengelolaan sampah.

Kapala Bappeda Kota Bima Abdurahman Iba membenarkan hal tersebut. Saat ini, pihaknya sedang merumuskan kebutuhan anggaran untuk penanganan sampah.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” posts_per_page=”7″ taxonomy=”post_tag” tax_term=”579″ tax_operator=”0″ offset=”1″ order=”desc”]

“Bantuan akan turun setelah rincian kebutuhan anggaran diajukan ke Bappenas,” ujarnya pada Radar Tambora (Lombok Post Group), kemarin (10/7).

Dijelaskan, bantuan yang akan diberikan nanti berupa penguatan kelembagaan serta sarana pendukung. Seperti pembentukan lembaga pengolahan sampah di tingkat rumah tangga.

Lembaga ini, kata dia, akan berfungsi mendaur ulang atau memilah sampah sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir. Kemudian akan bertanggungjawab untuk mengajak warga memilah sampah.

“Paling tidak warga mampu memilah sampah dalam dua kelompok besar. Seperti sampah organik dan non organik,” terangnya.

Setelah itu, sampah yang masih bisa diolah akan dikelola oleh kempok tersebut. Serta sisa sampah yang tidak bisa dikelola akan dibuang ke TPA.

“Sistem seperti ini yang nantinya akan diwujudkan,” pungkasnya. (nk/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka