Ketik disini

Headline Sportivo

Training Sebulan di Jepang, Zigi Targetkan Emas

Bagikan

Sea Games 2017 di Kuala Lumpur mulai dihelat 19 Agustus mendatang. Di ajang multi event paling bergengsi di Asia Tenggara itu, ada enam atlet NTB ambil bagian mengharumkan nama Indonesia. Di tangan mereka, marwah negara kini dipertaruhkan. Seperti apa gairah dan semengat mereka?

————————————–

SALAH satunya Ahmad Zigi Zaresta Yuda. Karateka asal Lingsar, Lombok Barat itu sudah mempersiapkan diri di Pemusatan Latihan Nasional sejak Januari lalu di Jakarta. Kemarin, Zigi, masih berada di Jakarta untuk terus berlatih keras. Dia baru akan bertolak ke Kuala Lumpur pada 16 Agustus mendatang.

Di Sea Games, pemuda 19 tahun ini dipercaya turun menyusul prestasinya yang menterang di dunia karate. Baik di tingkat nasional maupun internasional. Bahkan, Zigi adalah karateka pertama asal Indonesia yang meraih juara dunia.A� Juara dunia itu disabetnya pada 12 November 2015 silam di nomor KATA kategori junior.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”205″ tax_operator=”0″ offset=”1″ order=”desc”]

Setahun kemudian, Zigi turun di PON XIX/2016 Jawa Barat. Hanya saja, di kancah multi event nasional tersebut, pemuda kelahiran 14 Januari 1998 itu tidak mampu menyumbangkan medali emas bagi NTB. Dia hanya mampu meraih medali perunggu.

Kendati demikian, Zigi tetap menjadi pilihan Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB FORKI) untuk masuk pelatnas. Setelah masuk pelatnas Zigi pun kian tangguh. Di Kazakhstan bulan lalu, dia menjadi runner up setelah dikandaskan karateka Jepang Kyuna Ryu di partai final Asia Karate Federation (AKF).

Berangkat dari pengalamannya di kancah internasional, Zigi optimistis bisa meraih medali emas di Sea Games nanti. “Target saya memang medali emas di Sea Games,” kata Ahmad Zigi kepada Lombok Post via sambungan telepone, kemarin (9/8).

Meraih perak di ajang AKF menjadi modal penting bagi Zigi. Beberapa kesalahan yang dilakukan di kejuaraan AKF sudah dievaluasi. “Saya sudah dalam kondisi siap,” ujarnya.

Saat ini, Zigi meminta doa dari warga NTB supaya jalan untuk meraih target medali emas bisa dipermudah.”Saya minta doa warga Indonesia khususnya di NTB,” ujarnya.

Sementara itu, pelatih Karate Pelatnas Ridi Okwar mengatakan kemampuan Zigi saat ini jauh meningkat baik dari segi fisik dan teknik. “Tekniknya sudah bagus. Fisiknya sudah meningkat dari sebelumnya,” kata Ridi Okwar juga via sambungan telepon.

Yang menjadi kendala Zigi nanti hanya pada mental. Sebab, ini adalah ajang Sea Games perdananya.

Untuk meningkatkan mentalnya, Ridi selalu mendampingi Zigi setiap melakukan sesuatu. Hampir tiap hari dia selalu memberikan semangat kepada Zigi. “Kadang tidur kita sekamar. Dengan begitu kita bisa mengetahui apa yang diinginkan atlet,” ungkapnya.

Bahkan, setiap surat atau data informasi yang masuk ke Zigi, ia selalu tekankan untuk memberitahukannya. “Saya takut informasi dari luar itu bisa mengganggu konsentrasi Zigi berlatih,” ujarnya.

Ridi menjelaskan, sebelum berangkat ke Sea Games, Zigi melakukan training center (tc) ke Jepang selama sebulan. Di sana, Zigi menempa diri dan mencari ilmu. “Kita sengaja TC di Jepang, karena negara itu sebagai pencetus olahraga karate. Dengan niat, kemampuan Zigi bisa lebih maksimal,” ungkapnya.

Jika melihat grafik peningkatan Zigi, Ridi Okwar optimistis Zigi bisa meraih medali emas. Tapi, itu semua tergantung dari ketentuan Allah. “Ini kan olahraga tidak terukur. Untuk itu saya minta doa dari warga NTB,” tandas Ridi. (arl/r8)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka