Ketik disini

Sumbawa

Fahri dan Nurdin Blusukan ke Pedalaman Sumbawa

Bagikan

MATARAM-–Hari ini, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan Anggota DPRD NTB Nurdin Ranggabarani menyelesaikan kunjungannya di Kecamatan Batulanteh dan Orong Telu Sumbawa.

“Perjalanan sejak 26-29 Agustus,” kata Fahri melalui rilisnya .

Perjalanan tersebut harus ditempuh dengan perjuangan ekstra. Daerah yang diibaratkan kaki langit Sumbawa, negeri di atas awan, daerah nun jauh di pedalaman itu benar-benar menguras tenaga.

“Di sini negara tidak hadir dalam bentuk jalan dan infrastruktur,”katanya.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”87″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Ya, nyaris tak ada fasilitas pendukung di sana. Bahkan fasilitas dasar jalan sekalipun masih serba ala kadar. Di desa-desa itu, simbol kehadiran negara menurutnya hanya dari keberadaan anggota polisi.

“Bukan hanya urus keamanan, mereka juga menjalankan beragam misi sosial lainnya,” kata putra asli Sumbawa ini.

Daerah dengan ketinggian 876 meter di atas permukaan air laut tersebut memaksa orang-orang di sana untuk berdamai dengan alam. Meski demikian semangat belajar masyarakat pedalaman dikatakannya begitu tinggi.

A�”Jangan salah, banyak anak muda yang berpendidikan tinggi,” katanya bangga.

Itu tampak jelas ketika rombongan melakukan dialog dengan warga sekitar. Ia mengatakan tak pernah melihat dialog yang begitu berkelas dengan narasi besar kebangsaan.

Perjalanan ini membuat seluruh rombongan banyak merenung. Alam telah dengan sangat keras mendidik masyarakat dan membuat mereka tidak menjadi manja. Tak ada istilah berpangku tangan.

“Di sana, semangat kebangsaan bernegara justru sedang bergeliat mencari muara,” katanya.

Perjalanan dari Batu Dulang, Punik, Pusuk, Musuk, Tepal, Tangkam Pulit, Batu Rotok lalu turun melalui Desa Sabeok di Kecamatan Orong Telu adalah sebagai perjalanan penuh pembelajaran.

“Harusnya kita bisa lebih banyak hadir dan berbuat untuk mereka,” katanya. (yuk/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka