Ketik disini

Kriminal

Satlantas Polres Mataram Wacanakan Tilang Melalui CCTV

Bagikan

MATARAM-Penindakan pelanggar lalu lintas melalui kamera CCTV di sejumlah kota besar di Pulau Jawa, akan diadopsi Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Mataram. Wacana tersebut pun telah dilontarkan dalam sejumlah pertemuan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram.

Kasatlantas Polres Mataram AKP Suherdi mengatakan, dalam rapat koordinasi bersama Dishub Kota Mataram kemarin (12/9), dirinya sempat menyinggung mengenai terobosan pengawasan lalu lintas melalui kamera CCTV. Apalagi hal tersebut sudah dilakukan di Jakarta dan Surabaya.

“Sempat kita singgung dalam rapat koordinasi. Masuk dalam pembahasan terkait permasalahan lalu lintas,” kata Suherdi, kemarin.

Menurut Suherdi, Mataram sebagai ibukota provinsi tentu membutuhkan terobosan baru terkait pengawaan lalu lintas. Dengan adanya CCTV di sejumlah titik rawan, akan memudahkan petugas Dishub dan kepolisian melakukan penindakan.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”128″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Untuk di Kota Mataram, setidaknya ada tiga titik yang menjadi atensi kepolisian. Antara lain, simpang empat Bank Indonesia, simpang empat Pajang, simpang lima Ampenan, hingga simpang empat di Kebon Roek.

Di titik-titik tersebut kerap terjadi kemacetan. Apalagi di siang hari ketika jam pulang sekolah dan perkantoran. “Kalau sudah jam pulang sekolah, pasti macet,” ujarnya.

Disinggung mengenai realisasi wacana tersebut, Suherdi mengatakan masih menunggu respons dari Pemkot Mataram, terutama Dishub. Apalagi untuk mewujudkannya membutuhkan dana yang cukup besar.

Yang pasti, lanjut Suherdi, wacana tersebut telah mendapat sinyal positif dari Dishub Kota Mataram. Jika terwujud, kepolisian dan Dishub akan lebih mudah mengurai kemacetan hingga menindak dengan cepat setiap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

“Pasti ke arah sana. Karena manfaatnya banyak, terutama dalam melakukan penindakan,” pungkasnya.

Diketahui, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) Irjen Pol Royke Lumowa menggagas sistem tilang melalui kamera CCTV. Hal tersebut telah diberlakukan di wilayah Polrestabes Surabaya dan Polda Metro Jaya. Nantinya, sistem ini secara bertahap akan diberlakukan di seluruh Indonesia.(dit/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka