Ketik disini

Headline Metropolis

Mencari Pewaris TGB

Bagikan

MATARAM-Demokrat melaksanakan tahapan visi dan misinya, tadi malam. Mori Hanafi menjadi pembicara pertama. Dia mengatakan dalam tiga tahun, pertumbuhan ekonomi NTB sudah di atas rata-rata nasional. Dibarengi inflasi yang dibawah nasional.

“Bagus sekali,” katanya.

Dengan gamblang dia memaparkan postur APBD NTB. Mori yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD NTB tampak hafal betul kondisi daerah ini. “Kita ramai-ramai klaim mau melanjutkan ikhtiar TGB (Tuan Guru Bajang HM Zainul Majdi, Red). Tapi yang lain tahu tidak,” ucapnya.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”218″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Mengangkat tema Warisan TGB untuk NTB, memastikan keberlanjutan, menjawab tantangan, Demokrat tampaknya ingin memastikan ada keberlanjutan pembangunan.

TGH Mahally Fikri yang tampil selanjutnya mengatakan, untuk melanjutkan keberhasilan TGB, ada kompleksitas. Dia mengambil contoh wisata NTB yang kini terus menggeliat. “Banyak yang skeptis dengan halal tourism, tapi TGB membuktikan benar, 44 persen dari Malaysia,” katanya memberi satu contoh keberhasilan TGB.

Membangun NTB, lanjutnya, seperti membangun rumah. Siapa pun yang ditakdirkan nanti harus meneruskannya. “IPM memang diperingkat 30, tapi itu juga sudah naik,” katanya mengapresiasi.

Dalam acara yang dipusatkan di salah satu cafe di bilangan Sayang-sayang itu, Prof H Farouk Muhammad yang tampil selanjutnya mengatakan ada sejumlah kekurangan. Bukan untuk menjatuhkan TGB, tapi dalam rangka perbaikan. “Sahabat yang baik bukan hanya memuji, tapi mengoreksi,” ungkapnya.

Dia mengklaim, majunya dia berdasar hasil survei dan untuk membenahi keadaan. Kultur pemerintahan, mengelola SDA dan SDM, ia hendak membawa NTB menjadi provinsi yang rahmatan untuk semua. “Saya ingin buktikan NTB akan membawa rahmat,” janjinya.

Sang purnawirawan polisi bintang dua tersebut lantas menjabarkan sejumlah program prioritasnya. Masalah kemiskinan hingga infrastruktur dijabarkannya. “Pijar kita lanjutkan, kekurangannya kita perbaiki,” paparnya seraya mengatakan semua harus dibuat terpadu.

H Zulkieflimansyah tak mau ketinggalan. Pertama ia menjabarkan kondisi NTB terkini, termasuk terkait apa yang harus dilakukan. Mulai dari SDM yang harus ditingkatkan. “Kami dorong putra putri sekolah ke luar negeri,” katanya.

Pria yang akrab disapa Dr Zul tampak sangat fokus pada sektor pendidikan. Termasuk dari level pendidikan dasar. “Hafal Quran, tapi ilmu sains juga baik,” katanya menjanjikan.

Hj Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, apa yang sudah disampaikan calon-calon sebelumnya bukti TGB sebagai kader Demokrat sudah pada jalur yang benar. Sehingga siapapun yang memimpin harus memegang prinsip keberlanjutan, keberpihakan, kemampuan, dan kesuksesan.

“Insya Allah saya akan membantu gubernur terpilih nanti untuk menekan dan mengurangi kemiskinan di NTB menuju NTB yang sejahtera dan gemilang,” tegasnya.

Ada banyak hal yang harus dilakukan. Misalnya terkait kemiskinan. Maka harus bisa dibawah persentase nasional. Dengan konsistensi, ia meyakini hal itu bisa dilakukan. Termasuk mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, dan birokrasi yang berkelas. “Harus bisa berikan keteladanan,” ucapnya.

Termasuk stabilitas kondisi daerah seperti saat ini. Rohmi menjanjikan pariwisata halal juga akan dilanjutkan.

Dalam acara yang dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tersebut, ia menjanjikan TGB Strategic. “Trust alias kepercayaan, Great atau orientasi pada hasil terbaik, dan Birokratic Reform atau birokrasi yang baik,” ucapnya.

L Rudy Irham Srigede selanjutnya mengatakan, selama menjabat komandan Korem di NTB, ia mempelajari banyak hal. Ia mengaku sangat ingin melihat NTB bisa aman, damai, adil, dan sejahtera. Rudy meyakini, air sebagai hal yang mendasar yang harus diatasi. “Di utara yang banyak air aman, di selatan yang kurang air ada masalah,” ujarnya.

Jika persoalan ini bisa diselesaikan, ia meyakini kondisi di NTB akan lebih baik dari berbagai aspek. Termasuk keamanan.

Dia lantas menjabarkan beberapa contoh yang sudah dilakukan saat menjabat Komandan Korem. “Kita harus berbuat,” tegasnya.

Sementara H Ahyar Abduh mengatakan, dia yang sudah melakukan deklarasi merasa perlu mengikuti tahapan Demokrat. Baginya tak berlebihan semua mengatakan harus melanjutkan peran TGB. “Bagi saya beliau tak tergantikan, saya hanya melanjutkan,” imbuhnya.

Tiga visi dan misi yang hendak dijalankan adalah NTB untuk semua, NTB yang beriman, berbudaya, dan sejahtera. Bagi Ahyar ada masalah yang harus diselesaikan. Kemanan, kemiskinan, tenaga kerja, ketahanan pangan, dan reformasi birokrasi akan digenjotnya.

Dia siap membuat rencana penyiapan lapangan kerja dan kebijakan untuk menurunkan angka kemiskinan, termasuk pro terhadap lingkungan dengan pembangunan berkelanjutan. “Itu kontrak politik kami,” katanya.

H Ihsan Pangeran, kandidat terakhir mengatakan, dia yang kembali ke NTB setelah puluhan tahun melanglang buana di Jakarta. Ihsan mengaku ingin berbuat untuk daerahnya. “Mewujudkan NTB yang maju dengan masyarakat sejahtera,” tegasnya.

Pondasi sembilan tahun TGB menurutnya sudah sangat baik. Ibarat pesawat tinggal lepas landas.

Dia menegaskan, kekagumannya pada TGB yang banyak melakukan pembenahan. Karena itu, Ihsan berjanji berbuat dengan sejumlah rencana kerja nyata.

Ketua Demokrat NTB H Mahally Fikri mengatakan, kegiatan tersebut bentuk komitmen Demokrat menjalankan undang-undang. Kewajiban parpol memberikan pendidikan politik pada masyarakat. Karenanya penyampaian visi dan misi tersebut digelar. “Jual lah gagasan, jangan kampanye hitam,” pesannya.

Ketua Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Demokrat NTB M Nashib Ikroman mengatakan, salah satu dari para bakal calon yang memaparkan visi dan misi malam itu akan diusung secara resmi oleh Demokrat. Tujuan kegiatan lanjutnya untuk memastikan kepemimpinan selanjutnya bisa meneruskan warisan TGB, agar NTB bisa terus maju.

“Kami meyakini pasangan calon yang akan diusung adalah mereka yang akan memenangkan kontestasi Pilkada NTB,” katanya penuh percaya diri. (yuk/r5)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka