Ketik disini

Headline Sumbawa

GTT SMKN 1 Alas Mogok Mengajar

Bagikan

SUMBAWA– Konflik yang terjadi antara puluhan guru tidak tetap (GTT) dengan pihak sekolah ternyata berlanjut. Senin kemarin, para guru melakukan aksi mogok. Mereka datang ke sekolah, tetapi tidak masuk bekerja seperti biasanya. Mereka hanya duduk-duduk di parkiran sepeda. Aksi ini mereka lakukan hingga pukul 13.00 Wita.

Tidak ada reaksi dari pihak sekolah atas aksi mereka ini. Informasi yang dihimpun Radar Sumbawa (Lombok Post Group), Kepala SMKN 1 Alas Gunawan berada di ruangannya. GTT peserta aksi mogok mengaku melihat seorang tamu masuk ke ruangan kepala sekolah. Tidak lama kemudian, seorang pegawai datang memanggil salah seorang GTT peserta aksi mogok.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”87″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Namun karena tamu ini dianggap tidak mempunyai kapasitas, tidak digubris oleh peserta aksi. Ketika koran ini mencari perwakilan dari peserta aksi untuk diwawancarai, mereka menjawab tanpa wakil.

”Sebaiknya nama kami tidak usah disebut satu per satu, karena kondisi saat ini tidak memungkinkan,” kata salah seorang yang ditunjuk menjadi juru bicara.

Menurutnya, aksi mogok ini terpaksa dilakukan karena dianggap musyawarah sudah menemui jalan buntu.

”Kami sudah lama mencoba bersabar. Ini adalah akumulasi dari sejumlah kekecewaan kami dari kebijakan kepala sekolah,” katanya.

Guru yang tidak mau menyebutkan namanya ini mengatakan, para GTT menuntut beberapa hal.Pertama, pertimbangkan kembali pemotongan gaji 30 persen. Kedua, bayarkan gaji bulan Juli 2017. Ketiga, transparansi pengelolaan uang komite. Keempat, jangan lagi ada intimidasi dan ancaman akan pemecatan GTT.

”Aksi kami terus berlanjut sampai ada kejelasan dari tuntutan kami,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Komite SMKN 1 Alas Syaiful mengatakan, pihaknya sudah mencoba mengetahui alasan para guru melakukan aksi ini. Setelah kedua belah pihak ditanyakan, hari ini komite sekolah akan memfasilitasi. Namun, dirinya masih menunggu ketua komite yang tinggal di Sumbawa Besar.

Untuk diketahui Ketua Komite SMKN 1 Alas Sulaiman adalah pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa.

”Besok (hari ini) rencananya kami akan mengajak bicara adik-adik guru-guru ini. Insya Allah kita bisa selesaikan masalah ini,” katanya.

Bagaimana dengan tuntutan para guru tentang transparansi pengelolaan uang komite?

”Ya, memang seharusnya begitu. Untuk apa kita tutup-tutupi,” pungkasnya. (jar/r4)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka