Ketik disini

Bima - Dompu Headline

Kabupaten Bima Jadi Lumbung Pangan NTB

Bagikan

BIMA – Kabupaten Bima dijuluki sebagai lumbung pangan untuk NTB. Hal itu terlihat dari jumlah lahan di Kabupaten Bima yang melakukan panen di bulan Desember seluas 2.300 hektare.A�Kamis pagi (21/12) Kelompok Tani Bolo Utama Desa Bolo, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima melakukan panen raya padi.

Kepala BPTP Balitbangtan NTB Dr M Saleh Muhtar menjelaskan, panen bersama di Kabupaten Bima dilaksanakan di Kelompok Tani Bolo Utama Desa Bolo Kecamatan Madapagga. Luas lahan yang akan dipanen di Kecamatan Madapangga bulan Desember ini 400 hektare.A� Tersebar di Desa Bolo, Rade, Ncandi dan Dena.

Total lahan yang akan melakukan panen pada bulan Desember di Kabupaten Bima mencapai 2.300 hektare. Dengan jenis varietas yang beragam. Yakni, varietas Cigeulis, Inpari 32, Mekongga, Inpari 30 dan Ciliwung.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”579″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

“Produktivitas yang dicapai, per hektare menghasilkan 6,6 ton bahkan sampai 7,4 ton padi,” katanya, kemarin.

Dikatakan M Saleh, penerapan teknologi budidaya padi di wilayah tersebut sudah sangat bagus. Sistem tanam jarwo 2:1 dan 4:1 telah diterapkan oleh sebagian besar petani.

“Ini merupakan wujud nyata bahwa stok beras Kabupaten Bima selama bulan Desember dalam kondisi tercukupi. Panen ini akan dilanjutkan bulan Januari tahun depan,” katanya.

Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Mansyur menjelaskan, banyaknya hasil panen di wilayah Kabupaten Bima akan menutupi kekurangan-kekurangan stok pangan di beberapa kota dan kabupaten lain di NTB. Ditegaskanya, padi yang dipanen tersebut merupakan hasil swadaya dan kerja keras petani.

“Terima kasih atas kerja sama dan kerja keras selama ini. Semoga ke depan, hasil pertanian kita terus melimpah,” pungkasnya. (yet/r4)

 

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka

 wholesale jerseys