Ketik disini

Headline Selong

Banjir Rempung Rusak Saluran PDAM

Bagikan

SELONG-Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Rempung Sabtu (3/2) lalu mengakibatkan sejumlah kerusakan infrastruktur. Mulai dari kerusakan jalan hingga bocornya saluran pipa PDAM Lombok Timur (Lotim). Hal ini pun berdampak pada mampetnya distribusi jaringan pipa PDAM di wilayah Selong dan sekitarnya.

“Karena bahu jalan tergerus dan berlubang, itu juga membuat sambungan pipa transmisi 10 terkelupas,” terang Direktur Umum PDAM Lotim Rusdi.

Akibatnya, pipa primer PDAM mengalami kebocoran sehingga pendistribusian air ke wilayah Selong dan sejumlah wilayah lainnya mampet. Pihak PDAM Lotim pun merespon cepat kerusakan ini. Sejumlah petugas kemarin (4/2) diturunkan untuk melakukan perbaikan. Sehingga, diperkirakan mulai hari ini penyaluran air PDAM hari ini mulai normal kembali. “Kami mohon permakluman para pelanggan,” ucap Rusdi.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”85″ tax_operator=”0″ order=”desc”]

Setelah perbaikan dilakukan, pihak PDAM Lotim berharapA� Dinas PU Lotim juga segera merespon kerusakan bahu jalan yang terjadi.

Kerusakan bahu jalan diharapkan Rusdi cepat ditangani. Dikhawatirkan ketika hujan deras kembali mengguyur, sambungan pipa PDAM kembali terkelupas. Ini akan berdampak pada penyaluran air bersih kepada pelanggan PDAM. “Kalau tidak segera diperbaiki nanti jalan yang rusak juga semakin parah dan tergerus,” ujar Rusdi.

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim Lalu Rusnan juga menanggapi sejumlah kerusakan yang terjadi akibat hujan deras Sabtu (4/2) lalu. Rusnan membeberkan bahwa kerusakan akibat hujan deras tidak hanya terjadi di wilayah Rempung melainkan juga di sejumlah wilayah lainnya seperti Pringgasela, hingga Lenek Pesiraman. “Rata-rata kerusakan bahu jalan. Diakibatkan saluran drainase tidak mampu menampung tumpahan air hujan yang deras,” jelas Rusnan.

Ia juga mengaku sejumlah bahu jalan yang rusak disebabkan tidak adanya saluran drainase di samping jalan tersebut. Sehingga, ini dijelaskannya akan menjadi masukan yang akan disampaikan BPBD Lotim kepada OPD teknis yang menangani hal ini dalam. “Karena kalau jalan dibangun, diaspal atau dihotmik tanpa didukung saluran drainase yang memadai otomatis jalan itu akan cepat rusak seperti kondisi saat ini,” jelasnya.

“Sehingga, sebelum mengaspal jalan atau melakukan hotmik, pembangunan drainase terlebih dulu harus dilakukan. Ini akan menjadi bahan masukan kami kepada OPD terknis terkait,” sambungnya.

Mengenai banjir yang terjadi akibat hujan deras Sabtu (3/2) lalu, Rusnan mengaku tidak ada kerusakan lain yang terjadi selain bahu jalan. “Tidak ada rumah yang rusak atau pun korban. Nihil,” tandasnya. (ton/r2)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka