Ketik disini

Headline Metropolis

Nyepi Berlangsung Damai

Bagikan

MATARAM-Ritual Nyepi tahun ini berjalan damai. Umat Hindu Dharma di Kota Mataram bisa melaksanakannya dengan sangat khusyuk dan damai.

Rangkaian Nyepi diawali dengan upacara Melasti di Loang Baloq, kemudian disusul pawai ogoh-ogoh. Selanjutnya, umat Hindu menggelar catur brata penyepian atau kerap disebut Nyepi. Saat Nyepi, umat Hindu tidak boleh menghidupkan api atau amati geni, tidak bekerja (amati karya), tidak bepergian (amati lelungan), dan tidak boleh mendengar hiburan (amati lelanguan).

Kegiatan Nyepi kali akan aman dan terkendali tidak ada gangguan,” kata Camat Cakranegara, M Salman Rusdi pada Lombok Post.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”218″ order=”desc”]

Sebelum perayaan Nyepi, digelar pawai ogoh-ogoh yang menampilkan 128 ogoh-ogoh beragam jenis. Jumlah ogoh-ogoh yang berpartisipasi ini sedikit menurun dibanding tahun lalu yang menampilkan 157 ogoh-ogoh.

Walaupun menurun, kegiatan pawai ogoh-ogoh tetap berjalan dengan meriah. Dengan rincian 108 peserta dari Kota Mataram, 16 peserta dari Lombok Barat, dan 4 peserta dari Lombok Tengah.

Parade ogoh-ogoh pada Jumat lalu dilepas langsung oleh Plt Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana di depan ribuan masyarakat Mataram yang memadati jalan Pejanggik hingga Jalan Selaparang. (tea/r3)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka