Ketik disini

Metropolis

Kompak Menopang Festival Pesona Tambora

Bagikan

MATARAM-Festival Pesona Tambora 2018 dalam hitungan hari. Yang luar biasa, tahun ini, lima kabupaten/kota di Pulau Sumbawa kompak menopang dan menyukseskan Festival Pesona Tambora 2018.

Sepanjang festival ini, seluruh kabupaten/kota di pulau terbesar di NTB tersebut menyiapkan event yang menjadi rangkaian Festival Pesona Tambora. Ditargetkan, seluruh event ini akan mampu menyedot kedatangan 1.500 wisatawan asing ke Pulau Sumbawa. Sementara wisatawan nusantara diperkriakan jauh lebih besar.

Kabupaten Sumbawa Barat tahun ini menyiapkan Tano Festival. Sementara event Tambora Challenge 320K juga dimulai dari kabupaten paling barat di Pulau Sumbawa ini.

Baca Juga :[su_posts template=”templates/list-loop.php” taxonomy=”post_tag” tax_term=”218″ order=”desc”]

Di susul kemudian event di Kabupaten Sumbawa yakni Semalam Dalam Loka. Untuk Kabupaten Bima, tahun ini juga menyiapkan event Teka Tambora. Ini adalah event yang berisi banyak sekali kegiatan. Mulai dari kegiatan bersepeda, pameran pembangunan, aksi tanam pohon, dan puncaknya adalah aksi mendaki Gunung Tambora melalui jalur dari Kabupaten Bima.

Sementara di Kota Bima juga menyiapkan event Lawata Fest, Fest in Fest Tambora, dan Indonesia Rider Jelajah Tambora Explore The Amazing Tambora.

Sementara untuk Kabupaten Dompu yang menjadi tuan rumah puncak Festival Pesona Tambora nantinya akan dilaksanakan 12 kegiatan. Antara lain penghijauan hutan kawasan Gunung Tambora, pengembangan ekonomi kreatif dan pameran industry kreatif.

“Kami sangat berterima kasih dengan antusiasme dan dukungan seluruh pemerintah daerah di Pulau Sumbawa,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB HL Mohammad Faozal dalam keterangan pada media di kantornya kemarin (20/3) terkait persiapan Festival Pesona Tambora.

Dia mengungkapkan, pada puncak festival nanti akan ada pengibaran bendera 203 di puncak kaldera Gunung Tambora.

Dia mengungkapkan, rangkaian Festival akan dibuka dengan dibukanya event Teka Tambora dengan Sakosa Bike Tour pada 1 April 2018 di Kabupaten Dompu. Ini merupakan kegiatan funbike yang dilaksanakan dari Kecamatan Lariti sampai dengan Taman Wisata Kalaki. Dan setelah itu, event wisata akan terus berlangsung hingga puncaknya pada 11 April 2018.

Akan ada kegiatan Jelajah Alam Tambora pada Minggu 8 April 2018 hingga Senin 9 April 2018 di Gunung Tambora. Kegiatan ini untuk menjelajahi keindahan alam Tambora sembari kembali napak tilas kedahsyatan letusan Tambora. Agenda ini diikuti 100 orang termasuk dalam komunitas pecinta alam.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Dialog Kreatif Investasi dan Pariwisata Mbojo di Kapal Perang Senin yang rencananya digelar pada 9 April 2018. Dialog ini untuk meningkatkan pariwisata di Pulau Sumbawa. Agenda ini dihadiri oleh berbagai pelaku pariwisata, masyarakat serta tokoh budaya.

”Diharapkan ini akan membawa dampak ke sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar,” tambahnya.

”Sejauh ini persiapan Festival Pesona Tambora 2018 sudah masuk 75 persen. Tinggal ada perpindahan venue yang mendekati ke pantai di lokasi utama,” imbuhnya.

Khusus untuk kegiatan diskusi budaya di Istana Dalam Loka yang masuk agenda Semalam Dalam Loka, kata Faozal nantinya akan ada rangkaian peresmian organisasi kepariwisataan di daerah tersebut.

Sementara Tano Festival dan Tambora Challenge 320K akan dilepas dari Poto Tano yang melintasi wilayah Kabupaten Sumbawa, hingga finish di Doro Ncanga di Kabupaten Dompu. (nur/r8)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka