Ketik disini

Politika

TGH Ismail Tahir: Ali BD Pribadi Hebat

Bagikan

SOSOK Ali BD yang kaya ide dan bekerja nyata membuat banyak ulama menaruh simpati padanya. Tak terkecuali TGH Ismail Tahir, Pendiri Ponpes Tohir Yasin. Mengenal Ali BD sekitar tahun 1990-an ia mengaku sudah dekat dengan pria yang dikenal sebagai Sang Pendobrak tersebut. Yang berarti jauh sebelum Ali BD menjadi bupati.

“Karena kebaikan beliau Alhamdulillah akhirnya saya bisa mengenal Ali BD. Beliau memang pribadi hebat dan luar biasa,” ucapnya menaruh kekaguman seperti dikutip dalam buku Ali BD di Mata Ulama dan Sahabat karya TGH Abdul Latief.

Kekagumannya pada Ali BD dikarenakan sikap dan tindakan Ali BD yang sangat mengutamakan syariat lslam, meski tidak menjadi Tuan Guru. Akan tetapi Ali BD dikatakannya sadar bahwa menegakkan syariat Islam itu wajib bagi semua umat Islam. “Makanya, dari awal beliau menjabat sebagai Bupati Lombok Timur, Ali BD langsung menerapkan zakat, baik di kalangan pemerintah maupun masyarakat khususnya masyarakat Lombok Timur,” ucapnya.

Ali BD dikatakannya sadar bahwa zakat itu sangat penting bagi umat Islam. Ini yang kemudian membuat TGH Ismail Tahir sangat mendukung ketegasan Ali BD untuk menegakkan Syariat Islam seperti zakat ini.

Karena ini dijelaskannya zakat adalah perintah Allah dan Rasulullah. Jadi, Ali BD ini betul-betul sangat memerhatikan tentang keagamaan. Dengan adanya zakat ini, hak-hak fakir miskin, orang-orang jompo anak-anak yatim, bisa terpenuhi. Ini sebagai peran dan manfaat zakat bagi umat Islam.

“Saya berterima kasih khusus kepada bapak Ali BD, karena beliau yang pertama kali menerapkan dan mengajak kami untuk berzakat, khususnya di Lombok Timur,” akunya.

Bahkan Lombok Timur kini dijadikan contoh oleh daerah- daerah lainnya. Selain menegakkan syariat zakat, Ali BD juga sangat memerhatian pondok pesantren. Pondok pesantren TGH Ismail Tahir sendiri juga pernah mendapat bantuan darinnya.

“Jadi, selain memerhatikan persoalan dunia masyarakatnya, beliau juga memperhatikan akhirat masyarakat. Jadi banyak para tokoh yang mengharapkannya,” ujarnya.

“Ali BD berkiprah di bidang pemerintahan ingin mengabdikan dirinya kepada masyarakat bukan alasan yang lainnya. Jadi figur pemimpin seperti Ali BD ini sangat kita butuhkan di NTB,” pungkasnya. (ton/r8/*)

Komentar

Komentar

Tags:

Anda mungkin juga suka